26.4 C
Manokwari
Kamis, Mei 9, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Polda Papua Barat Kirim Delapan Orang Masuk Akpol

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Polda Papua Barat mengirimkan delapan orang untuk menjalani pendidikan di Kota Semarang, Jawa Tengah, dalam proses seleksi taruna Akademi Kepolisian (Akpol )tahun 2022.

    Karo Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua Barat, Kombes Pol. Sugandi, menjelaskan dari 8 orang tersebut, 5 di antaranya merupakan orang asli Papua (OAP).

    “Papua Barat mendapat kuota lebih banyak untuk masuk sebagai taruna Akpol. Sejak awal terdapat 10 orang yang dikirimkan untuk seleksi tingkat pusat, hasilnya 8 orang berhak masuk untuk mengikuti pendidikan. Dari jumlah tersebut lima orang di antaranya merupakan putra daerah Papua,” kata Sugandi, Kamis (11/8/2022).

    Baca juga:  Pansus: Vaksin Harapan Baru Penanganan Pandemi di Manokwari

    Hasil tersebut, kata dia, sudah berdasarkan peringkat dari sejumlah proses seleksi, seperti administrasi ulang, tes kesehatan, tes psikologi untuk pendalaman dari tes di daerah, tes jasmani, ditambah dengan tes bahasa Inggris dan tes akademik Polri.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan di Lingkungan Masing-masing

    Dijelaskannya, pada pendaftaran di tingkat lokal, terdapat 20 pendaftar. Jumlah yang dinyatakan lolos tahun ini meningkat drastis dibandingkan pada tahun lalu yang hanya 1 taruna.

    “Ini menjadi motivasi bagi adik-adik kita bahwa peluang untuk menjadi taruna Akpol terbuka lebar. Sehingga perlu menyiapkan diri sejak dini agar saat pendaftaran sudah dibuka bisa mengikuti proses seleksi,” tuturnya.

    Baca juga:  HUT Ke-20 Teluk Bintuni, Mantan Bupati Bangga dengan Pembangunan Daerah

    Taruna Akpol dari Polda di seluruh Indonesia sudah menjalani pendidikan sejak dibuka 1 Agustus lalu dan akan menjalani pendidikan dalam empat tahun ke depan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Temui Warga Mansaburi yang Terdampak Banjir Kali Wariori

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Rabu (8/5/2024) menemui puluhan warga kampung Mansaburi distrik Masni yang terdampak banjir kali Wariori. Hermus dihadapan warga menyampaikan...

    More like this

    Hermus Indou Temui Warga Mansaburi yang Terdampak Banjir Kali Wariori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Rabu (8/5/2024) menemui puluhan warga kampung Mansaburi distrik...

    Harga Tomat Tembus Rp55.000 per Kilogram di Manokwari

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Harga tomat mengalami kenaikan signifikan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Faktor...

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...