27.2 C
Manokwari
Minggu, April 28, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Lantik 42 Kepala Kampung, Bupati Teluk Bintuni Tekankan Empat Pesan Penting

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, melantik 42 kepala kampung dari 13 distrik. Prosesi pengambilan sumpah dan janji berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Kali Kodok, Distrik Bintuni, Rabu (3/8/2022).

    Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Teluk Bintuni Nomor: 188.4.5/G-44/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kampung di Teluk Bintuni.

    Kasihiw mengucapkan terima kasih dan apresiasi ke Badan Permusyawaratan Kampung (Baperkam) dan panitia pemilihan kepala kampung atas segala daya upaya yang dilakukan sehingga pelaksanaan pemilihan kepala kampung bisa berjalan lancar.

    “Besar harapan saya, bukan hanya pemilihan kepala kampung saja yang berjalan mulus, tetapi dalam mengemban amanah rakyat ke depan saudara-saudara selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Bekerja sepenuh hati dalam memimpin dan melayani masyarakat,” kata Kasihiw.

    Baca juga:  Gara-gara Covid-19, Puskesmas Babo Sempat Diserang

    Kasihiw juga menyampaikan agar kepala kampung yang dilantik mendukung penuh visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni, yaitu melaksanakan pembangunan yang menyejahterakan masyarakat, terutama pada daerah pinggiran.

    Kasihiw menekankan empat pesan penting kepada kepala kampung yang dilantik. “Pertama, segera pelajari, pahami, dan laksanakan tugas kewajiban dan wewenang pada jabatan saudara,” ucapnya.

    Kedua, kata dia, kampung telah mendapat perhatian yang sangat besar dari pemerintah dengan mendapatkan Dana Desa (DD), program padat karya, serta berbagai macam bantuan lainnya.

    Baca juga:  Telan Rp1,9 Miliar, Pemkab Teluk Bintuni Bangun Jalan Cor 412 Meter di Kampung Banjar Ausoy

    “Di satu sisi hal tersebut sangat mengurangi beban keuangan kampung, tetapi di sisi lain hal menuntut tanggung jawab yang sangat besar dari kepala kampung dan masyarakat untuk dapat menggunakan dana desa sebaik-baiknya sesuai regulasi yang berlaku dan mempertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya,” bebernya.

    Ketiga, dalam menjalankan amanah sebagai kepala kampung, hendaknya menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan menyerap aspirasi serta menjaga keutuhan dan keharmonisan seluruh elemen masyarakat.

    Baca juga:  Bupati Teluk Bintuni Serahkan Sertifikat ke 98 Siswa P2TIM-TB Angkatan X

    Keempat, kepala kampung harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong serta selalu mendukung program Pemkab Teluk Bintuni.

    “Pada kesempatan yang baik Ini, saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mantan kepala kampung dan para penjabat kepala kampung yang telah menuntaskan tugasnya dengan baik,” tutur Kasihiw.

    Terakhir, Kasihiw mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh kepala kampung yang dilantik. “Selamat bertugas kepada para kepala kampung yang baru saja dilantik. Jabatan adalah sebuah amanah. Karena itu bekerjalah dengan maksimal,” ucapnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik. Kenaikan diprediksi bakal berlangsung hingga Lebaran Idul Adha mendatang. Tuti, salah...

    More like this

    Kunker Bupati Petrus Kasihiw ke Beberapa Lokasi: Perkuat Infrastruktur dan Ekonomi Lokal

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT., melakukan kunjungan kerja yang bertujuan...

    Tanggapi Aksi Pemalangan oleh Pencaker, Bupati Kasihiw: Stop Bikin Gerakan Tambahan!

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw MT, memberikan tanggapan terkait...

    Bupati Petrus Kasihiw Dukung Perayaan HUT Pattimura di Bintuni

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw melakukan pertemuan dengan panitia HUT Pattimura...