27.6 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27.6 C
Manokwari
More

    KPU Manokwari Bakal Sosialisasikan PKPU Tahapan Pemilu 2024 Jelang Verfak

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari akan menyosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 jelang verifikasi faktual (verfak).

    Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe, mengatakan dalam proses verfak pemilu 2024 masih sama seperti pada 2019, yaitu berkaitan dengan keanggotaan, kepengurusan partai, keberadaan sekretariat, dan berkas administrasi lainnya.

    Baca juga:  Ditemukan Kejanggalan Pleno Distrik di Mansel, Gakkumdu Siap Tindak Lanjuti

    “Pengurus partai di tingkat pusat akan mendaftar ke KPU RI melalui Sipol (Sistem Informasi Partai Politik). Nantinya Sipol itu secara berjenjang akan dilengkapi oleh partai politik untuk digunakan dalam pendaftaran ke KPU daerah. Sehingga saat mendaftar partai tidak perlu membawa berkas, tapi dalam bentuk file,” kata Muin, Rabu (27/7/2022).

    Baca juga:  Masyarakat Adat Suku Besar Arfak Desak DPRK Manokwari Bahas Ranperda PPMHA

    Dijelaskannya, tahapan-tahapan verfak partai akan disosialisasikan ke partai-partai politik sesuai dengan PKPU. Selain itu, KPU juga akan berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Manokwari untuk mengetahui partai-partai politik yang terdaftar di Kesbangpol.

    Baca juga:  Kematian Perempuan di Pantai Bobo Masih Misterius, Hari Ini Polisi Periksa 2 Orang

    “Jika berkas pendaftaran sudah lengkap sesuai dengan Sipol itu yang dilanjutkan dengan verifikasi faktual di daerah untuk membuktikan data yang dimasukkan dalam Sipol untuk melihat langsung di lapangan,” bebernya.

    Sesuai dengan tahapan, pembukaan pendaftaran verfak di KPU RI pada 1-14 Agustus. (LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...