27.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 4, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    FGD Pembentukan BUMD, Bupati Manokwari: Percepat Pertumbuhan Ekonomi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tahap I Identifikasi Kebutuhan dan Kelayakan Usaha Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Ruang Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari, Selasa (19/7/2022).

    Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengatakan tujuan pembentukan BUMD adalah percepatan pertumbuhan perekonomian, mempercepat layanan masyarakat, serta penguatan kapasitas hasil daerah dari pendapatan asli daerah (PAD).

    Baca juga:  Polda Papua Barat hadirkan "Polisi Mengajar" di pedalaman Maybrat

    “Sesuai dengan analis kebutuhan hari ini, tim dari Unipa (Universitas Papua) akan membuat kajian usaha bisnis apa yang akan dikembangkan Kabupaten Manokwari melalui BUMD,” kata Hermus.

    Melihat dari animo yang berkembang dalam FGD ini, kata Hermus, kemungkinan akan mengarah pada aneka usaha yang berbentuk satu perusahaan dan di bawahnya dibentuk sub-sub usaha yang akan bergerak di bidang perdagangan, pariwisata, perindustrian, pertanian energi, dan lainnya.

    Baca juga:  Hermus Tinjau Pasar Wosi, Pedagang Minta Penyiapan Los Darurat

    “Kita akan bersama-sama dengan DPR untuk tentukan dua Ranperda, yaitu pembentukan BUMD dan penyertaan modal. Kita berharap tahun ini BUMD sudah berjalan,” ujar Hermus.

    Baca juga:  Percepat Konsolidasi, BP LMA Bomberai Siapkan Pengukuhan di Tujuh Kabupaten

    Selain BUMD, dalam FGD ini juga dibahas soal badan layanan umum daerah (BLUD), perubahan tarif rumah sakit, hingga perubahan perda tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor. (LP8/Red)

    Latest articles

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Pegunungan Arfak, Sabtu (4/5/2024). Dalam kunjungan...

    More like this

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...