27.5 C
Manokwari
Rabu, Mei 1, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Filep Wamafma Hadiri Mubes Suku Sumuri, Ini Pesannya

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Wakil Ketua I Komite I DPD RI, Filep Wamafma, menghadiri Musyawarah Besar (Mubes) Suku Sumuri di Kabupaten Bintuni, Papua Barat, Kamis (14/7/2022).

    Filep berharap mubes ini menjadi langkah untuk mengambil keputusan dan menata kelembagaan maupun program kerja Suku Sumuri ke depannya.

    “Seperti kita ketahui Suku Sumuri ini merupakan salah satu suku dari tujuh suku yang memiliki hak ulayat dan berdampak langsung terhadap investasi gas alam yang berada di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni,” kata Filep.

    Baca juga:  Baliho Balon DPD RI Bertebaran, Ini Tanggapan Bawaslu Papua Barat

    Filep juga menyampaikan terkait amandemen Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus (Otsus) Nomor 2 Tahun 2021 yang memuat bahwa hak-hak masyarakat adat telah ditentukan termasuk bagi hasil migas bagi pemberdayaan masyarakat adat.

    Baca juga:  Hari ini, Sudah 8 Bakal Calon Anggota DPD RI Resmi Daftar ke KPU Papua Barat

    “Tentu hal ini yang harus dibahas, didiskusikan dalam mubes ini sehingga kebijakan pemerintah nanti terkait dengan hak-hak adat dari 10 persen sumber bagi hasil migas itu, sudah ada referensi dan konsep dari masyarakat adat itu sendiri,” bebernya.

    Baca juga:  Argosigemerai Diresmikan Jadi Kampung Pancasila, Dandim 1806: Tanamkan Nilai Bhinneka Tunggal Ika

    Dengan begitu, kata dia, kepentingan masyarakat adat dan pemerintah tidak saling bertolak belakang, malah saling mendukung sehingga tujuan dari otonomi khusus termasuk pemberdayaan masyarakat adat dapat terwujud.

    Filep juga berharap ke pemerintah agar berkomitmen penuh memberikan dukungan sehingga Tekuk Bintuni, khususnya Suku Sumuri, turut berkontribusi terhadap pembangunan daerah. (LP5/Red)

    Latest articles

    Bupati Manokwari Maknai Pentingnya Halal Bi Halal Sebagai Wadah Persatuan

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri Halal Bi Halal yang digelar DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Manokwari Rabu (1/5/2024) di Manokwari. Dalam kesempatan tersebut,...

    More like this

    38 CJH Ikuti Manasik Haji yang Digelar Kemenag Teluk Bintuni   

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.Com- Kementerian Agama Teluk Bintuni menggelar manasik haji bagi 38 calon jemaah haji...

    Kunker Bupati Petrus Kasihiw ke Beberapa Lokasi: Perkuat Infrastruktur dan Ekonomi Lokal

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT., melakukan kunjungan kerja yang bertujuan...

    Tanggapi Aksi Pemalangan oleh Pencaker, Bupati Kasihiw: Stop Bikin Gerakan Tambahan!

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw MT, memberikan tanggapan terkait...