27.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 1, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Pemilik Ulayat Tolak Tutup PETI dan Tuntut IPR, Ini Respons Bupati Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, angkat bicara merespons perihal pemilik ulayat menolak menutup aktivitas di areal pertambangan tanpa izin (PETI) di Distrik Masni, bahkan menuntut penerbitan izin tambang rakyat (IPR).

    “Tentu kita memberikan dukungan bahwa pertambangan rakyat sangat penting untuk meningkatkan pendapatan.
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari tidak punya tendensi untuk melarang masyarakat melakukan aktivitas pertambangan,” kata Hermus kepada awak media saat wawancara usai penutupan HKG PKK Manokwari di Auditorium DPD PWKI Papua Barat, Kamis (23/6/2022).

    Baca juga:  Soal 4 Distrik di Tambrauw, Kemendagri Akan Bentuk Tim Rekonsiliasi

    Namun, kata Hermus, masyarakat mesti mengerti bahwa sebagai negara hukum, semua langkah dan kebijakan yang diambil haruslah berdasarkan hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Yang menjadi persoalan adalah pertambangan yang dilakukan belum ada izin resmi dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” tuturnya.

    Baca juga:  Mubes IKA STIH Manokwari, Pemkab Harap Kontribusi Nyata untuk Daerah

    Hermus juga mengungkapkan bahwa kawasan lahan yang menjadi tempat aktivitas pertambangan adalah hutan konservasi. Selain itu, kawasan pertambangan juga memanfaatkan bahan-bahan kimia dalam aktivitas pertambangan sehingga mencemari lingkungan sekitar.

    Hermus menekankan bahwa pemerintah akan mencari jalan demi memberikan solusi terbaik. Ia pun mengimbau kepada pemilik ulayat agar bersabar menanti kebijakan dari pemerintah.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Salurkan Bantuan Rp667 Juta kepada Korban Bencana 2022

    “Pemerintah Kabupaten Manokwari sedang berupaya untuk mendapatkan izin pertambangan yang sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar mendapat pengawasan. Hasil yang didapatkan bisa dibagi secara baik dengan masyarakat,” bebernya. (LP8/Red)

    Latest articles

    PFM Desak Kapolda Tindak Tegas Penjual Miras Oplosan di Papua Barat...

    0
    MANOKWARI,linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih, Mananwir Paul Finsen Mayor meminta Kapolda Papua Barat menindak tegas peredaran miras oplosan yang marak di Papua Barat Daya (PBD)....

    More like this

    Bupati Manokwari Maknai Pentingnya Halal Bi Halal Sebagai Wadah Persatuan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri Halal Bi Halal yang digelar DPD Partai...

    Daftar di PAN, Hermus Segera Umumkan Pendamping di Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari incumbent Hermus Indou secara resmi mengambil formulir pendaftaran calon kepala...

    Resmi Daftar di PDIP, Dominggus Mandacan Akui Disodori 13 Calon Pendamping

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dominggus Mandacan resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Papua Barat lewat PDI...