28.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Y20 Diharap Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gelaran side event Youth Twenty (Y20) mulai berlangsung di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Sabtu malam (18/6/2022). Pelaksanaannya diharapkan memberi energi positif terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif bagi kalangan pemuda.

    Hal inipun sejalan dengan program prioritas Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, menindaklanjuti amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan perhatian kepada pelaku usaha, termasuk kalangan pemuda.

    “Sekarang ini menjadi harapan besar Pak Presiden untuk kita pemerintah daerah itu harus melihat dengan sungguh tentang pertumbuhan dari UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Saya akan buat peraturan gubernur terkait produk lokal orang asli Papua,” kata Waterpauw pada gelaran event Woman 20 (W20), beberapa waktu lalu.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Siapkan Belanja Tak Terduga Rp60 Miliar Lebih

    Hal tersebut pun menjadi penekanan Staf Khusus Presiden asal Papua, Billy Mambrasar, usai pembukaan Y20. Dia menilai ekonomi kreatif Papua dan Papua Barat punya potensi. Hanya, memang butuh dukungan berbagai pihak.

    Baca juga:  BEM Unipa Tolak Kedatangan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

    “Bukan anak Papua tidak bisa, tetapi tidak tahu akses untuk menjual, bagaimana jejaring dengan teman-teman dari luar. Event malam ini bagaimana anak-anak Papua dengan percaya diri bisa berinteraksi dengan berbagai daerah dan Internasional,” ucapnya.

    Dia melanjutkan, kehadiran Y20 turut membuka jalan, jejaring, dan mengembangkan produk yang nantinya dipasarkan di luar Papua sembari mempromosikan potensi Papua secara nasional maupun Internasional.

    Baca juga:  Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    Dia berharap langkah ini harus disambut baik pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi. “Jadi saya berharap sekali pemda kedua Provinsi Papua Barat dan Papua, kabupaten/kota, agar memperhatikan kemampuan anak Papua,” tuturnya.

    “Mereka punya kemampuan, mereka punya talenta dan produksi yang telah terbaik. Apabila pemda tidak memberikan akses permodalan, pasar, pelatihan, dan pendampingan, maka ini tidak akan terwujud. Mimpi mereka berada di level nasional hingga internasional,” pungkasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Imam Syafi’i Lanjutkan Mendaftar di PKS dan Perindo Manokwari Selatan

    0
    MANOKWARI SELATAN, Linkpapua.com-Imam Syafi'i terus bergerak ke sejumlah sekretariat partai politik, untuk mendaftarkan sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, periode 2024-2029. Beranjak dari Partai...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...