26.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    Dukung Usulan DOB, Tim Percepatan Pemekaran Manokwari Barat Apresiasi Waterpauw

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Tim percepatan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Manokwari Barat mengapresiasi langkah Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, yang mendukung penuh kebijakan pemekaran DOB.

    Sekretaris tim percepatan pemekaran DOB Manokwari Barat, Mackarius Teniwut, dalam siaran pers yang diterima Linkpapua.com, Rabu (15/6/2022), menyampaikan ucapann terima kasih kepada Waterpauw yang menerima dan mendorong terbentuknya DOB prioritas di Papua Barat.

    Baca juga:  Peresmian Venue Ferdinand Waterpauw Bersamaan Sirnas Voli Pantai

    Manokwari Barat memang tergabung dalam total sembilan provinsi dan kabupaten/kota yang diusulkan menjadi DOB. Delapan lainnya adalah Provinsi Papua Barat Daya dan Provinsi Bomberai, serta Kota Manokwari, Kabupaten Maybrat Sau, Kabupaten Kokas, Kota Madya Fakfak, Kabupaten Kuri Wamesa, dan Kabupaten Kaimana Timur.

    Meskipun memberi dukungan penuh, Mackarius juga membeberkan beberapa hal yang mesti menjadi perhatian atas usulan DOB ini. Salah satunya terkait tapal batas akan tidak menjadi persoalan.

    Baca juga:  Jelang Seleksi MRPB, Perekrutan Unsur Adat - Perempuan Diambil Alih Kabupaten

    “Tapal batas Provinsi Papua Barat dan calon DOB Provinsi Papua Barat Daya harus diatur agar tidak melahirkan konflik baru antara provinsi serta konflik wilayah adat antara wilayah adat Arfak Manokwari Raya dan Sorong Raya,” kata Mackarius.

    Baca juga:  Latih Kepekaan Sosial, Wahdah Islamiyah Manokwari Libatkan Anak-anak Berbagi Takjil

    Selain itu, pihaknya juga meminta agar apabila ada persyaratan persetujuan atau rekomendasi yang menjadi kendala, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah dapat mendorong daerah-daerah konflik diprioritaskan ditetapkan menjadi DOB.

    “DOB Manokwari Barat harus mendapat perhatian bersama dari seluruh komponen pemerhati Provinsi Papua Barat dan seluruh masyarakat adat Arfak,” tuturnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...