28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Digunakan sejak 1997, Manokwari Butuh Kolam Sampah Baru

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kebutuhan akan kolam baru untuk menampung sampah produksi masyarakat setiap harinya di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, urgen. Kolam yang ada saat ini sudah penuh.

    Kepala Seksi Pengangkutan dan Proses Akhir Sampah Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Manokwari, Christovel, mengatakan kolam untuk menampung sampah saat ini sudah digunakan sejak 1997 silam. Seharusnya, kata dia, 10 tahun lalu sudah ada kolam baru.

    Baca juga:  Norman Tambunan Soroti Pimpinan OPD Pemkab Manokwari Minim Hadiri Agenda DPRD

    Christovel menyebut Manokwari sebagai ibu kota provinsi punya jumlah penduduk yang banyak. Hal itu tentu akan berbanding lurus dengan produksi sampah.

    “Saat ini sudah dipenuhi hingga berbentuk gunung seharusnya sudah ada kolam baru untuk menampung sampah,” kata Christovel saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (14/6/2022).

    Baca juga:  DPRD Manokwari Setujui Ranperda LKPD APBD 2021

    Terkait hal ini, DLHP Manokwari sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan berencana mengadakan pertemuan dengan Bupati Manokwari, Hermus Indou, membahas penggalian kolam sampah baru.

    Selain itu, Christovel juga membeberkan belum adanya penambahan armada maupun kontainer sampah karena anggaran terbatas. Biar begitu, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

    Baca juga:  Cegah Virus ASF, Disperindakop Manokwari akan Tertibkan Penjualan Daging di Pinggir Jalan

    “Anggaran Rp13,9 miliar hanya operasional yang digunakan untuk gaji petugas, BBM, dan sparepart,” ucapnya.

    Christovel mengungkapkan saat ini pihaknya mengoperasikan 20 truk, terdiri atas 6 dump dan 14 ambrol. “Ambrol sudah banyak yang tua. Hanya bisa beroperasi 1 sampai 2 minggu sudah rusak,” kata dia. Hal inipun menjadikan anggaran untuk operasional membengkak untuk servis armada. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...

    Polresta Manokwari Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari melaksanakan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah Manokwari pada Kamis (16/5/2024)...

    3 Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di Manokwari Berhasil Ditangkap

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Manokwari menangkap 3 orang yang diduga kuat...