24.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 16, 2024
24.9 C
Manokwari
More

    Perdana Pemilihan Langsung, Hamka Ismail Terpilih Jadi Ketua RT Kampung Bugis

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Warga di RT 5/RW 7, Kampung Bugis, Kelurahan Wosi, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, untuk pertama kalinya menggelar pemilihan ketua RT secara langsung. Selama ini sebatas penunjukan.

    Hasilnya, Hamka Ismail terpilih sebagai ketua RT untuk periode 2022-2027 dalam pemilihan yang berlangsung, Minggu (12/6/2022). Ia memperoleh 74 suara mengungguli dua calon lainnya, yaitu Mina Haji dan Abdul Hakim Karim.

    Baca juga:  BI Papua Barat Gelar Edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah untuk Pendidikan Ekonomi Pelajar

    Usai terpilih sebagai ketua RT, Hamka Ismail, mengatakan langkah awa yang akan dilakukan pihaknya adalah melakukan pendataan penduduk.

    “Kita akan mengecek KTP warga yang ada di sini. Jika sudah lebih dari setahun, maka harus KTP-nya beralamat di RT sini. Kita juga akan melakukan pembinaan warga, termasuk kelompok karang Taruna di sini,” kata Hamka Ismail.

    Sementara, ketua penyelenggara pemilihan ketua RT, M. Amien Muslim, mengatakan pemilihan secara langsung seperti saat ini baru pertama kali dilakukan.

    Baca juga:  Lantik Pejabat, Hermus: Yang Tidak Berprestasi Saya Geser

    “Selama ini kalau pemilihan RT hanya ditunjuk saja siapa yang bersedia. Memang untuk kali ini kita berinisiatif melakukan pemilihan secara langsung sebagai pendidikan politik ke masyarakat,” kata Amien.

    Hal ini, kata dia, agar masyarakat tidak hanya berpikir menyalurkan hak suara saat pilkada atau pileg saja. Meskipun persiapan hanya sekitar empat hari, tetapi hasilnya cukup baik dan berlangsung lancar.

    Baca juga:  KPU Manokwari Tetapkan 530 Caleg Memenuhi Syarat

    Amien menjelaskan petugas pemungutan suara berasal dari Karang Taruna setempat. Dari sekitar 200 warga yang memiliki hak suara, tercatat yang menyalurkan hak suara 179 orang.

    Pelaksanaan pemilihan ketua RT berjalan aman dan tertib. Itu terbukti dari jumlah pemilih yang melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). (LP3/Red)

    Latest articles

    Tokoh Pemuda Sorsel: Beri Kami Kesempatan Memimpin Daerah Sendiri

    0
    SORSEL, LinkPapua.com - Ronal Serkadifat ST, seorang tokoh pemuda dari suku Tehit, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, mengajukan permintaan kepada pemerintah terkait...

    More like this

    Dokter Engeline Ingatkan Wanita Manokwari Pentingnya Skrining Kanker Serviks sejak Dini

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Dr. Engeline Chelsya Setiawan, pemilik Klinik Kecantikan dr. Eline Aesthetic Center di...

    Ketua Ikaswara Daftar Bacawabup di PKB Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) Manokwari Suyanto SH.,...

    Ketua REI PB-PBD: Perkembangan Perumahan Menjanjikan, Permintaan Meningkat

    MANOKWARI,LinkPapua.com - Ketua DPD REI Papua Barat dan Papua Barat Daya (PB-PBD), Julius Lois,...