29 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
29 C
Manokwari
More

    Gelaran Women20, Bupati Manokwari Dukung BI Perluas Layanan Transaksi Nontunai

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, hadir dan tampil membawakan sambutan dalam gelaran Women20 atau W20 yang berlangsung di Hotel SwissBell, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (9/6/2022).

    Pada kesempatannya, Hermus menyampaikan tentang capaian Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan launching ATM sebagai kanal pembayaran pajak dan retribusi di Papua Barat, khususnya di Manokwari.

    Ia juga menyampaikan apresiasi atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kepada pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan juga panitia nasional W20 yang telah memilih Manokwari sebagai tuan rumah pelaksanaan.

    Baca juga:  Babinsa Jajaran Kodim Manokwari Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik

    Terkait pelaksanaan W20, Hermus menyebut sudah sangat tepat dilaksanakan di Papua Barat, khususnya Manokwari. Sebab, wanita perdesaan merupakan salah satu penyumbang tenaga kerja di sektor pertanian.

    “Hal ini membuktikan kepada kita semua bahwa Manokwari, Papua Barat, telah menjadi bagian integral dari NKRI dan telah menjadi bagian dari dunia internasional. Manokwari sudah seharusnya membuka diri dan mau beradaptasi dengan seluruh perkembangan zaman,” kata Hermus.

    Baca juga:  Polres Manokwari Terjunkan Tim Gabungan Jaga Masjid Selama Ramadan

    Apresiasi juga diberikan kepada Bank Papua yang telah menyiapkan kanal transaksi pendapatan daerah melalui ATM untuk pembayaran pajak dan retribusi di Manokwari yang pada kesempatan ini diresmikan bersama-sama.

    Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari senantiasa mendorong digitalisasi di daerah. Salah satunya diwujudkan dengan pembentukan TP2DD dan implementasi pembayaran pajak dan retribusi secara digital.

    Baca juga:  21.978 Jiwa Masyarakat Manokwari Sudah Terdaftar BPJS Kesehatan

    Ini merupakan upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah, dari yang sebelumnya menggunakan tunai beralih ke nontunai berbasis digital. Pada muaranya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

    Hermus pun mendukung upaya Bank Indonesia untuk memperluas layanan transaksi nontunai penggunaan ATM di wilayahnya. Selain itu, ia berharap masyarakat dan seluruh elemen masyarakat lainnya dapat mengimplementasikan digitalisasi sistem pembayaran melalui kanal nontunai untuk proses pembayaran. (LP8/red)

    Latest articles

    Dinas PUPR Evaluasi Progres Proyek DAK di Papua Barat Daya

    0
    SORONG, Linkpapua.com– Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Papua Barat Daya tengah mengevaluasi progres proyek jalan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Dinas...

    More like this

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....

    Pemprov PB Minta Persiapan Kedatangan Wamendagri dan Pangdam Kasuari Dimatangkan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta seluruh stakeholder mematangkan persiapan kedatangan Wakil Menteri...

    DPC PKB Manokwari Bakal Buka Penjaringan Kepala Daerah Bulan Mei

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak November mendatang, DPC Partai Kebangkitan...