28.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Demo Guru Kontrak di Bintuni Diwarnai Insiden Pengancaman Wartawan

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com- Aksi unjuk rasa guru kontrak di Kantor Bupati Teluk Bintuni, Selasa (17/5/2022) diwarnai insiden pengancaman terhadap wartawan. Wartawan RRI, Dina Rianti mengaku mendapat teriakan bernada mengancam dari salah seorang peserta aksi.

    Dina menyampaikan, saat sedang melakukan tugas peliputan di arena aksi, ia sempat mendengar teriakan suara keras yang berasal dari salah satu peserta aksi. Ia mengaku diteriaki dengan kasar dan bernada mengancam.

    “Saya ada sementara di cooling dari Jakarta untuk laporan. Jadi saya bicara dengan ketua PGRI untuk minta waktu wawancara, yang sementara ada menunggu laporan dari daerah lain. Kami dua ada berdiri dekat tangga ruangan Wabup, dan tiba – tiba mereka teriak dari jauh. Ada yang ancam bicara kasar tapi saya lupa bicara apa,” tutur Dina.

    Baca juga:  Kasus Covid-19 Melambat, Bintuni Longgarkan PSBB

    Dari insiden kecil tersebut, menurut Dina secara spontan ia juga menyahut dengan suara teriakan. Ia bermaksud memberitahu bahwa ia sementara laporan untuk ikut serta memperjuangkan nasib para guru kontrak melalui media tempatnya bekerja selama ini.

    Menanggapi hal tersebut Sekretaris PGRI Rasyid Woretma menyesalkan insiden itu. Rasyid atas nama organisasi menyampaikan permintaan maaf atas insiden yang kurang menyenangkan tersebut.

    “Saya klarifikasi, artinya saya pribadi maupun organisasi ingin dan mewakili teman-teman kami mengucapkan permintaan maaf, saya dengan Mbak Dina cukup kenal baik, kami kenal sudah lama,” terangnya

    Baca juga:  Ketua HNSI Sebut Y20 dan W20, Gerbang Perubahan Generasi dan Perempuan Papua Barat

    Rasyid Woretma juga menjelaskan, insiden itu sebenarnya hanya ekses kecil dari aksi tadi. Kemungkin tadi adalah ekspresi kekesalan dari para guru kontrak karena tidak dapat bertemu bupati.

    “Tindak lanjut apa yang harus kita lakukan, jadi tadi itu rekan rekan maunya ketua PGRI berbicara dulu terkait hasil sama teman-teman guru dulu semua. Kemudian selesai itu baru wawancara,” tuturnya.

    Selaku pengurus PGRI pihaknya juga telah menengahi masalah ini. Sebab kehadiran wartawan dalam aksi ini juga membantu perjuangan guru kontrak.

    “Apalagi sekelas RRI ini kan media nasional yang juga milik pemerintah untuk masyarakat” pungkasnya.

    Baca juga:  Karutan Bintuni Bantah dr Wiendo Soal Nina Diana: Kami Siap Tunjukkan Bukti

    DPRD Ikut Sayangkan

    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) Teluk Bintuni Erwin Beddu Nawawi sangat menyayangkan adanya teriakan bernada mengancam terhadap salah satu wartawati Bintuni yang sedang melaksanakan tugas.

    “Artinya kalau ada ancaman dari para oknum-oknum kepada wartawan, dan bila hal itu terjadi sangat disayangkan,” ucapnya.

    Menurut Erwin, profesi wartawan pada dasarnya turut membantu mengawal jalannya proses pembangunan di daerah. Wartawan mempublikasikan realita yang sedang terjadi. Mereka bekerja dengan karya jurnalistik.

    “Jadi kita semua harus bisa menghargai tugas pers. Itulah kenapa pers dilindungi dengan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” imbuhnya. (LP5/)red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai...

    NPHD Diteken, Anggaran Pengamanan Pilkada Papua Barat Rp75 Miliar

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Kapolda Papua Barat Irjen...

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...