27.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 4, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Peringatan HUT Pattimura di Manokwari, Jadi Perekat Anak-anak Maluku

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Pattimura ke-205 diperingati secara meriah di Manokwari pada Senin (16/5/2022). Momentum ini diharapkan menjadi perekat anak-anak Maluku.

    Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan obor dari 3 tunggu Maluku yaitu Maluku Utara, Maluku Tenggara dan Maluku Tengah kepada sesepuh Maluku di Papua Barat, Dominggus Mandacan.

    Dominggus Mandacan mengapresiasi peran orang Maluku di tanah Papua. Dia mengungkapkan orang Maluku ada di mana-mana, tetapi tidak ke mana-mana.

    Baca juga:  Beri Apresiasi, Tahun Depan Hermus Siapkan Manokwari Award

    “Kobarkan terus semangat persatuan basudara. Manokwari ini untuk semua ras agama dan budaya. Perjuangan dan kepahlawanan Pattimura harus terus dikobarkan dan tertanam di masyarakat Maluku. Jangan lupakan sejarah perjuangan bangsa karena pedoman hidup Pattimura menjadi contoh generasi saat ini. Kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam HUT Pattimura menjadi perekat dan tanda kebangkitan anak Maluku. Mari rapatkan barisan untuk mengharumkan nama negeri asal. Lawan egoisme dalam diri dengan menjaga kerukunan,” ujar Dominggus.

    Baca juga:  5 Poin Penegasan Bupati Hermus ke Pedagang Usai Resmikan Pasar Wosi

    Sementara itu Bupati Manokwari Hermus Indou yang juga hadir mengatakan kehadiran orang Maluku di tanah Papua karena kehendak dam panggilan Tuhan.

    “Sikap heroik Pattimura dan kepahlawanannya dalam sejarah merupakan jati diri anak negeri untuk memperjuangkan kemerdekaan. HUT Pattimura menjadi simbol kebangkitan anak-anak Maluku untuk melakukan kerja nyata dan mendukung pemda dalam mensejahterakan masyarakat. Saya berpesan agar ke depan Maluku semakin solid dan bergerak maju bersama membangun Manokwari,” ungkap Hermus.

    Baca juga:  Serahkan LKPJ, Bupati Hermus Beberkan Sederet Problem Keuangan

    Dalam peringatan HUT Pattimura ke 205 tahun ini mengusung tema Maluku Bangkit dan Bersatu. Sebelumnya juga telah digelar dialog yang diikuti oleh tokoh-tokoh Maluku dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Peringatan HUT Pattimura kali ini juga masyarakat Manokwari dihibur oleh artis asal Maluku.(LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Pegunungan Arfak, Sabtu (4/5/2024). Dalam kunjungan...

    More like this

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan...

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...