27.7 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Gelar ‘Cinta dan Bangga Rupiah’, BI Papua Barat Edukasi Pelajar

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat menyelenggarakan event CBP Rupiah Beraksi – Berkarakter di Mesjid Nurul Huda Yapis, Rabu (13/4/2022). Even ini merupakan rangkaian kegiatan edukasi yang menjadi rutinitas BI.

    Kali ini CBP Rupiah tematik Ramadan tajuk utama ‘Serambi Rupiah Ramadhan Cinta Bangga Paham Rupiah’.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap CBP Rupiah dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan. CBP Rupiah Ramadan Beraksi,” jelas Deputi Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat Wilson L Tobing dalam keterangan tertulis, Kamis (14/4/2022).

    Baca juga:  Piala Dunia 2022: Brasil Benamkan Korea Selatan 4-1

    CBP Rupiah secara umum terdiri atas 4 kegiatan utama. Yaitu penampilan Storytelling CBP Rupiah, pemutaran film CBP Rupiah, sosialisasi CBP Rupiah dan quiz interaktif.

    Melalui even ini, kata Wilson, diharapkan dapat mengolaborasi nilai-nilai religi yang kuat dalam bulan Ramadan terhadap pesan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Sehingga berdampak kepada transformasi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

    Baca juga:  Presiden Jokowi Dikatakan Bajingan, Massa di Papua Barat Aksi Tutup Mulut Peringati Rocky Gerung

    ‘Khususnya terkait perubahan perilaku terhadap rupiah yaitu dalam merawat rupiah, berbelanja bijak, bangga dan menggunakan uang rupiah secara cermat,” jelasnya.

    Pelaksanaan kegiatan diikuti para pelajar dari sejumlah SD di Manokwari. Melalui kegiatan ini, Bank Indonesia berharap kesadaran untuk mencintai dan merawat rupiah.

    Anak anak kata Wilson juga digugah agar angga kepada rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa. Menurutnya, sejak dini mereka harus memahami fungsi rupiah sebagai alat transaksi pembayaran.

    Baca juga:  Tinjau Lokasi Bentrokan, Kapolda Papua Barat: Semua Jenazah Hangus, Identifikasi Sulit

    “Dapat diterapkan oleh masyarakat sejak dini melalui siswa-siswi Sekolah Dasar. Dengan begitu ketersediaan uang layak edar (ULE) di masyarakat dapat terjaga dengan baik dan mendukung kelancaran sistem pembayaran di Indonesia terutama pada bulan Ramadan kali ini,” imbuhnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola Hidup Sehat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To...

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan...

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...