27.1 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Soal perekrutan Bintara Otsus, Pangdam : Para Dandim sedang berkoordinasi dengan kepala daerah

    Published on

    Manokwari-Kodam XVIII/Kasuari/Papua Barat, saat ini sedang melakukan persiapan terkait program perekrutan 1.000 Bintara otonomi khusus (Otsus) bagi putra-putri asli Papua.

    “Saat ini para Dandim sedang berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di wilayah masing-masing. Para Danramil mulai ke lapangan mencari generasi muda Papua lulusan SMA yang siap dan memenuhi syarat menjadi Bintara TNI,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman CantiasaKamaat, Kamis (17/9).

    Baca juga:  Dilapor Pelecehan Seksual, Pejabat Pemprov PB: Tidak Benar, Saya akan Tuntut Balik

    Dia menjelaskan, program ini dilaksanakan dengan memanfaatkan dana Otsus. Sehingga perekrutanya diprioritaskan bagi putra-putri asli daerah.

    Koordinasi dengan pemerintah daerah, sebut I Nyoman dilakukan agar setiap daerah menyiapkan putra-putri terbaik yang bersedia meniti karir baik sebagai Bintara maupun Korps Wanita Angkatan Darat (KWAD). Dari 13 kabupaten dan kota masing-masing akan ada perwakilan.

    “Seluruhnya 1.000 orang, nanti kuota perkabupaten dan kotanya berapa akan diatur. Setiap daerah diharapkan menyiapkan putra-putri terbaiknya,” ucap Pangdam lagi.

    Baca juga:  PWI Papua Barat Galang Donasi untuk Korban Kebakaran Kompleks Borobudur

    “Adik-adik lulusan SMA, SMK, yang pengangguran juga adik-adik yang gagal pada seleksi sebelumnya kita rekrut sekarang,” sebut Pangdam menambahkan.

    Ia mengutarakan, bahwa dalam perekrutan ini Kodam XVIII/Kasuari tidak akan bekerja sendiri. Pihaknya akan melibatkan perwakilan lembaga adat dalam tim seleksi.

    Baca juga:  Masuk Zona Oranye, Pangdam XVIII Kasuari Apresiasi Warga Kaimana yang Sadar Covid-19

    “Peran lembaga adat diperlukan dalam menyeleksi silsilah seperti apakah benar dia anak asli Papua, dilihat dari marga dan lain sebagainya. Karena ini menggunakan dana Otsus maka peserta harus benar-benar putra-putri asli daerah,” katanya lagi.

    I Nyoman menjelaskan, Kodam XVIII/Kasuari masih sangat baru. Penambahan personil masih sangat dibutuhkan untuk mengisi satuan yang ada maupun yang akan dibentuk. (LPB1/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...