28.3 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
28.3 C
Manokwari
More

    4 hari dicari, Nikson Rumfabe akhirnya ditemukan

    Published on

    Manokwari-Tim Search and Rescue (SAR) akhirnya menemukan Nikson Rumfabe(45), korban kecelakaan laut yang terjadi di Manokwari pada Minggu 13 September lalu.

    Ia ditemukan dalam kondisi tak bernyawa oleh tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari, TNI dan Polri pada Rabu (16/9). Jasadnya mengapung di lokasi yang tak jauh dari tempat kecelakaan terjadi.

    “Tepatnya di antara pelabuhan umum dan pulau lemon. Korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, George Leo Mercy Randang dalam keterangan tertulis, Rabu (16/9/20).

    Baca juga:  Diperiksa 9 Jam, Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Kredit Fiktif Bank Papua Ditahan

    Dia menjelaskan, kecelakaan itu terjadi saat korban memancing di perairan antara Pulau Mansinam dan Kota Manokwari pada hari Minggu (13/9) sekitar pukul 19.30 WIT. Pada peristiwa itu korban diduga tenggelam setelah perahunya ditabrak.

    Dari keterangan yang diperoleh, korban sempat meminta tolong dengan cara berteriak. Saat itu anak korban pun yang langsung memberitahu keluarga.

    Dalam operasi pencarian ini, Basarnas Manokwari pada hari pertama menerjunkan tim Rescue dipimpin oleh Kasubsi Operasi Dan Siaga Andarias Alik, beranggotakan 5 personil Basarnas dan 1 personil Fasharkan TNI-AL dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIP).

    Baca juga:  Pemprov dan DPR Papua Barat Sepakati Rancangan KUA-PPAS APBD-P 2023

    Pada pencarian hari pertama tim belim berhasil menemukan korna dan menghentikan sementata upaya pencarian pasa pukul 00.10 WIT. Saat itu juga pihaknya membentuk Posko pencarian di Mansinam Beach Resort.

    Pada hari kedua dan ketiga tim memperluas area pencarian. Penyisihan dilakukan dengan perahu karet, speed boat milik Polair, perahu milik Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi) juga perahu milik masyarakat.

    “Pencarian dengan Snorkeling dan penyelaman juga dilakukan oleh tim rescue Basarnas Manokwari.Hingga hari ke 4 pencarian korban baru berhasil ditemukan oleh tim sar gabungan yang melakukan penyisiran pada daerah perairan pelabuhan umum Manokwari,” ujarnya lagi.

    Baca juga:  11 Warga Teluk Bintuni Dilaporkan Positif Corona Hari Ini

    Leo berterimakasih kepada semua unsur yang terlibat dalam pencarian korban Nikson termasuk Mansinam Beach Resort atas pemakaian tempat sebagai posko SAR Gabungan

    “Kami menghimbau kepada masyarakat yang beraktifitas di laut agar berhati-hati terutama nelayan yang mencari ikan pada malam hari. Usahakan membawa penerangan pada perahu dan selalu mengutamakan standar keselamatan dalam berlayar. Kami pun turut berduka cita, kepada keluarga korban semoga diberi ketabahan,” Imbuh kakansar. (LPB1/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...