26.4 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    PWI Papua Barat Gelar Konferja II, Ciptakan Ide dan Gagasan, Support Pembangunan Daerah

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar Konferensi Kerja (Konferja) II pada 10-11 Desember 2021. Konferja tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Asisten I setda Papua Barat Robert Rumbekwan.

    Ketua PWI Papua Barat Bustam mengungkapkan konferensi kerja minimal dilaksanakan sekali dalam satu periode kepengurusan.

    “Konferensi ini untuk merumuskan agenda kerja yang efektif untuk pembangunan di Papua Barat. Peran wartawan untuk ikut mencerdaskan masyarakat terhadap situasi yang terjadi dan merupakan mitra strategis pemerintah dalam pembangunan,” ungkapnya.

    Baca juga:  Dewan Kehormatan PWI PB: Anggota Jadi Caleg Harus Cuti, Pengurus Wajib Mundur

    PWI berharap ke depan kinerja pers di Papua Barat semakin baik dan memiliki program kerja untuk wartawan.

    “Potensi pelanggaran hukum sering terjadi dan membuat buruk citra pers, sehingga wartawan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” ungkap Bustam.

    Sementara itu, Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengungkapkan dalam Konferja diharapkan dapat menciptakan ide dan gagasan yang inovatif.

    “Pedoman organisasi menjadi standar ketaatan wartawan terhadap kode etik jurnalistik,” jelasnya.

    Baca juga:  Wakil Ketua I DPR PB Ajak Kibarkan Bendera Merah Putih Semarakkan HUT Kemerdekaan RI

    Sementara itu, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa mengatakan wartawan harus berkualitas dengan melakukan lompatan agar tidak tertinggal.

    Sehingga SDM harus ditingkatkan karena wartawan merupakan agen perubahan yang ikut mencerdaskan bangsa.

    “Sebagai agen perubahan ikut dalam mencerdaskan bangsa. Masih banyak yang harus dibenahi,ini menjadi tantangan kerja bagi wartawan. Kebebasan pers jangan disalahgunakan karena pekerjaan pers merupakan amanah dari tuhan,” ungkap Pangdam.

    Dalam sambutannya, Gubernur Papua Barat yang dibacakan oleh Asisten I Setda Papua Barat Robert Rumbekwan mengungkapkan sudah banyak kemajuan yang dicapai, tetapi tidak bisa tersampaikan jika tanpa adanya pemberitaan dari media.

    Baca juga:  PWI Teluk Bintuni Bagikan 100 Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

    “Saya memberikan apresiasi kepada insan pers yang bekerja dan bergandengan tangan dengan pemda untuk mempublikasi kemajuan daerah melalui pemberitaan. Terus tingkatkan pemberitaan yang akurat dan berimbang ditengah banyaknya informasi hoax. Perang melawan hoax jadi perang besar sehingga pers ikut memainkan peran yang dapat membendung hoax. Yang terpenting juga pers dapat mengedukasi masyarakat,” jelasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    0
    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai, menggelar malam kreativitas di Waisai, Sabtu (27/4/2024). Ajang ini menjadi momen...

    More like this

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai,...

    Pantau Kamtibmas, Kapolda Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Maybrat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P. melaksanakan kunjungan kerja...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....