26.4 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Jelang Peringatan Sumpah Pemuda, LMA PB Agendakan Forum Kebangsaan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat (LMA PB), mengagendakan sebuah forum kebangsaan untuk merefleksikan 93 tahun lahirnya Sumpah Pemuda. Forum ini bertajuk ‘Para-para Masyarakat Adat’.

    “Momentum Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang akan dikemas dalam acara ‘Para-para Masyarakat Adat’ atau sebuah forum bersama para tokoh pemuda Papua Barat. Dengan sejarah Kebhinekaan, maka kita satukan langkah mengawal pembangunan di Papua Barat dalam kerangka Otonomi Khusus, (Otsus),” kata Ketua LMA PB Frangky Umpain, Selasa (26/10/2021).

    Baca juga:  Kembangkan Bakat Mahasiswa, Universitas Caritas Indonesia Gelar Festival Tahunan

    Umpain melanjutkan, bahwa forum Para-para Masyarakat Adat Papua Barat di momen Sumpah Pemuda, akan mengangkat tema ‘Mengawal Otsus dalam bingkai NKRI demi pembangunan berkelanjutan di Papua Barat’.

    Direncanakan, kegiatan itu akan digelar di Swissbel Hotel Manokwari. Akan hadir Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, dan Kepala Kesbangpol Papua Barat, sebagai narasumber.

    Baca juga:  Serapan JKN 2020 Rp14 M, Dominggus Harap BPJS Kesehatan Terus Bersinergi

    Menurut Umpain, forum itu digelar sebagai bentuk kesadaran pemuda Papua Barat, yakni proses kehidupan yang dilalui sebuah bangsa pada prinsipnya bergantung pada pemaknaan dari setiap nilai historis itu sendiri.

    “Bagi kami, Sumpah Pemuda merupakan peristiwa sejarah yang dapat dimaknai sebagai penghormatan kepada para pendahulu, juga sebagai semangat persatuan untuk merawat Kebhinekaan di Bumi Kasuari,” ujar Umpain.

    Sekilas catatan sejarah bahwa, Kongres pertama pada tahun 1926, dilaksanakan di Batavia dan kongres kedua pada tahun 1928 yang terdiri atas dua rangkaian kongres. Yaitu hari pertama yang membahas masalah pendidikan, dan hari kedua di mana para pemuda-pemudi Indonesia berikrar.

    Baca juga:  Dominggus Puji Sport Center Unipa: Ikon Baru Papua Barat

    “Ikrar inilah yang kemudian menjadi awal lahirnya identitas kebangsaan kita hingga hari ini, yaitu sebuah persatuan yang bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia,” kata Umpain.(LP7/red)

    Latest articles

    Tokoh Pemuda Sorsel: Beri Kami Kesempatan Memimpin Daerah Sendiri

    0
    SORSEL, LinkPapua.com - Ronal Serkadifat ST, seorang tokoh pemuda dari suku Tehit, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, mengajukan permintaan kepada pemerintah terkait...

    More like this

    Tokoh Pemuda Sorsel: Beri Kami Kesempatan Memimpin Daerah Sendiri

    SORSEL, LinkPapua.com - Ronal Serkadifat ST, seorang tokoh pemuda dari suku Tehit, Kabupaten Sorong...

    Elias Lamere Kritisi Kecurangan Pileg 2024: KPU Teluk Bintuni Akui Kesalahan

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Elias Lamere yang menjadi calon legislatif (caleg) DPR Provinsi Papua...

    Dokter Engeline Ingatkan Wanita Manokwari Pentingnya Skrining Kanker Serviks sejak Dini

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Dr. Engeline Chelsya Setiawan, pemilik Klinik Kecantikan dr. Eline Aesthetic Center di...