26.7 C
Manokwari
Selasa, April 30, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Silaturahmi dengan Ormas dan Tokoh Agama Papua Barat, Wapres Ingatkan Jaga Kerukunan Nasional

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin, melakukan silaturahmi dengan dengan pimpinan organisasi massa (ormas) Islam dan tokoh agama dalam agenda kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Papua Barat.

    Dalam pertemuan ini, Wapres menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama serta kerukunan masyarakat dengan pemerintah. Sebab, kedua hal itu merupakan unsur utama terciptanya kerukunan nasional.

    “Kita ingin menjaga republik ini, NKRI ini, dengan tetap menjaga kerukunan antaragama, antarumat dengan pemerintah karena kerukunan agama, kerukunan rakyat, merupakan unsur utama dalam kerukunan nasional, dan kerukunan nasional merupakan prasyarat daripada kesuksesan yang kita inginkan,” tutur Wapres di Kantor MUI Papua Barat, Jalan Esau Sesa, Manokwari, Jumat (15/10/2021).

    Wapres menyampaikan, salah satu cara yang harus diimplementasikan dalam mewujudkan cita-cita itu adalah menyampaikan ajaran agama atau pesan dari dan kepada masyarakat dengan santun.

    Baca juga:  Operasi Zebra Mansinam 2023, Upaya Polresta Manokwari Jaga Kamseltibcarlantas

    Itu karena santun merupakan ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. dan dengan kesantunan itu maka narasi kerukunan dapat terbentuk dengan baik.

    “Oleh karena itu, saya minta di dalam menjalankan dakwah kita, supaya tetap menggunakan cara-cara yang baik dengan kalimat yang santun,” imbau Wapres.

    Menutup pertemuan, Wapres pun memberikan apresiasinya kepada Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, beserta jajaran yang telah menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan terciptanya kerukunan antarumat beragama serta kerukunan antarmasyarakat dengan pemerintah. Komitmen ini beberapa di antaranya dapat terlihat dari pembangunan masjid dan lembaga pendidikan.

    “Saya ingin menyampaikan penghargaan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pak Gubernur,” ungkap Wapres. “Gubernur Papua Barat telah memberikan bagaimana beliau menjaga hubungan antara Islam, Kristen, dan agama-agama yang lain,” imbuhnya.

    Baca juga:  Atasi Kemiskinan di Papua Barat, Lima Kabupaten ini jadi Prioritas

    Sebelumnya, Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrau, melaporkan bahwa komitmen yang diberikan oleh jajaran Pemerintah Provinsi Papua Barat terhadap kerukunan antarumat beragama di provinsi ini sangat dirasakan dan memberikan dampak yang baik dalam kehidupan sosial masyarakat sehari-hari.

    “Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan atensi dan perhatian yang luar biasa kepada seluruh agama yang ada di Provinsi Papua barat termasuk kepada ormas-ormas Islam, kepada semua lembaga-lembaga agama yang ada di Papua Barat. Semua diberikan secara merata dan berkeadilan,” urai Ahmad.

    Hadir dalam pertemuan ini di antaranya Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari, Hermus Indow, Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrau beserta jajaran, Ketua MUI Manokwari, Baharuddin Sabola, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Papua Barat, Hasdar Ambal, Ketua Muhammadiyah Papua Barat, Mulyadi, dan Ketua Nahdlatul Ulama Papua Barat, Mukhsin Rahakbauw.

    Baca juga:  APBD 2024 Teluk Bintuni Menurun, Bupati Kasihiw Yakin Efisien-Pro Rakyat

    Selain itu, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Papua Barat, Mugiyono, Ketua Persaudaraan Muslimah (Salimah) Papua Barat, Noor Aini, Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Papua Barat, Bambang T.J. Hariadi, Ketua Baznas Papua Barat, Gunawan, Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Papua Barat, Dudi Ramdani, Ketua Aisyiah Papua Barat, Suryati, Ketua Muslimat Papua Barat, Zaenab Uswanas, serta sejumlah tokoh agama Papua Barat.

    Turut mendampingi Wapres pada kesempatan ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Muhammad, Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, serta Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (*/Red)

    Latest articles

    SKK Migas-Pertamina Lakukan Tajak Sumur Eksplorasi Buah Merah di Sorong

    0
    SORONG-linkpapua.com- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) dan Pertamina EP Zona 14 Papua Field (PEP Papua) melakukan...

    More like this

    SKK Migas-Pertamina Lakukan Tajak Sumur Eksplorasi Buah Merah di Sorong

    SORONG-linkpapua.com- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas)...

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum...

    NasDem Tunjuk Dominggus Mandacan Calon Tunggal di Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Partai NasDem menunjuk Dominggus Mandacan sebagai calon tunggal di Pilgub Papua Barat 2024....