27.8 C
Manokwari
Minggu, April 28, 2024
27.8 C
Manokwari
More

    DPR Papua Barat Dorong Sekolah Swasta Setara dengan Negeri

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Ketua Komisi V DPR Papua Barat, Enos Rumpaidus, mengatakan sekolah-sekolah swasta harus bisa setara dengan sekolah negeri.

    Hal ini, kata dia, penting untuk pemerataan kualitas pendidikan. Pasalnya, dalam sejumlah kunjungan kerja DPR Papua Barat ditemukannya keterbatasan pada sekolah-sekolah swasta.

    “Kita sedang mendorong agar peningkatan kualitas maupun sarana dan prasarana lainnya sekolah swasta agar sama dengan sekolah negeri. Ini juga sebagai implementasi dari Undang-Undang Otonomi Khusus yang baru direvisi,” ujar Rumpaidus, Selasa (5/10/2021).

    Baca juga:  DPR Papua Barat Serahkan Draf RPP Otsus ke Sejumlah Lembaga Negara

    Dikatakannya, sebagian besar wilayah Papua, sekolah-sekolah yang berasal dari yayasan swasta terlebih dahulu ada. “Kita tahu bersama di sebagian besar wilayah di Papua, sekolah swasta yang terlebih dahulu ada, seperti YPK, Yapis, dan beberapa sekolah swasta lainnya,” ucapnya.

    Baca juga:  Fraksi Otsus PB Desak Pemerintah Angkat Guru Honorer di Pedalaman jadi ASN

    “Sehingga sekolah swasta ini jangan dilupakan begitu saja. Untuk itu kita akan berupaya agar ada peningkatan mulai dari fasilitas belajar maupun tenaga pengajarnya. Dengan begitu maka ada kesetaraan,” imbuhnya.

    Baca juga:  Perjuangan Guru SD di Kampung Inggramhim, Mengajar 36 Siswa dari 6 Kelas dalam 1 Ruangan

    Menurutnya, dengan kesetaraan kualitas pendidikan, maka tiap anak pada usia sekolah memiliki kesempatan yang sama. Dengan begitu, tidak terjadi penumpukan pada sekolah negeri pada tiap penerimaan siswa baru. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pantau Kamtibmas, Kapolda Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Maybrat

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P. melaksanakan kunjungan kerja sekaligus memantau kamtibmas di Kampung Ayata distrik Aifat Timur Tengah...

    More like this

    Pantau Kamtibmas, Kapolda Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Maybrat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P. melaksanakan kunjungan kerja...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....

    Tekan Stunting, Pemprov Papua Barat Salurkan Sembako untuk Tambahan Gizi Balita

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat bersama Tim Satgas PPKES berkunjung ke Puskesmas Sangeng, Manokwari,...