26.7 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Gubernur Papua Barat Tekankan Pentingnya Pengelolaan Arsip di Pemerintahan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan arsip Statis dalam Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) berlangsung di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (15/9/2021).

    Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Papua Barat, Nico Tike, mewaliki Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, hadir membuka kegiatan ini.

    Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Gubernur, Nico Tike, Gubernur mengapresiasi pelaksanaan bimtek terkait peningkatan kapasitas tata kelola arsip berbasis digital di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat.

    Baca juga:  Bimtek Penyuluh Kehutanan Papua Barat, Asisten I Akui Minimnya SDM

    Menurutnya, pelaksanaan bimtek bagi pengembangan tata kelola arsip sangatlah penting bagi sebuah pemerintahan di daerah. “Bimtek ini sangat penting untuk pegawai kearsipan,” ujarnya.

    Tike menekankan, pengelolaan arsip dan dokumen daerah mesti menjadi perhatian. Sebab, kata dia, data-data seperti tugas utama pengelolaan data pegawai hingga surat keputusan (SK) pembentukan Provinsi Irian Jaya Barat hingga menjadi Papua Barat harus terdokumentasi dengan baik.

    Baca juga:  Sejumlah Ketua DPC Gerindra di Papua Barat Minta Lakotani Diganti

    “Data dan dokumen sangat penting sehingga harus dijaga dengan baik,” terangnya.

    Sementara, Ketua Panitia Bimtek Pengelolaan Arsip Statis dalam SIKN Papua Barat, Apilena D. Trees Saa, menyebutkan kegiatan diikuti pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta perangkat dinas teknis terkait.

    Baca juga:  Juru Bicara TPNPB-OPM: OAP Berhenti Jadi Mata-Mata TNI/Polri

    Pihaknya berharap pegawai yang mengikuti bimtek dapat mengaktualisasikan cara mengelola arsip yang baik dan benar. Dengan begitu, dokumen dapat tertata dan tersimpan dengan baik sehingga mudah ditemukan saat diperlukan kembali.

    “Semoga bimtek ini memberikan pencerahan dalam tata kelola serta nilai-nilai dan fungsi kearsipan dalam setiap aspek kehidupan berorganisasi, bermasyarakat, dan berpemerintah,” ucapnya. (*)

    Latest articles

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Pegunungan Arfak, Sabtu (4/5/2024). Dalam kunjungan...

    More like this

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan...

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...