27.5 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    DPR Papua Barat Apresiasi Pemprov “Gercep” Minta Bantuan Covid-19, tetapi …

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR PB) mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang gerak cepat alias gercep meminta bantuan kepada pemerintah pusat terkait kebutuhan penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19).

    “Secara kelembagaan kami minta terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat yang tanggap meminta bantuan dan pemerintah pusat sudah membantu alkes dan alat pelindung diri penangan Covid-19,” kata Wakil Ketua DPR Papua Barat, Saleh Siknun, S.E., kepada Linkpapua.com melalui sambungan telepon, Rabu (4/8/2021).

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Telah Salurkan 85 Persen Dana Hibah

    Namun, sebagai lembaga yang melaksanakan tugas pengawasan, Saleh menegaskan bahwa eksekutif segera memberikan penjelasan kepada legislatif terkait dengan bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah pusat.

    Dengan begitu, kata dia, DPR Papua Barat juga mengetahui bantuan tersebut sumber anggarannya dari mana, kemudian yang dianggarkan pemerintah provinsi apa saja, agar alokasi anggaran tidak tumpang tindih. Sebab, hal ini akan mengakibatkan asas manfaat kepada masyarakat tidak tepat sasaran.

    Baca juga:  700 Orang Serbu Gerai Vaksinasi TNI-Polri di Manokwari

    Dia mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi maupun penjelasan dari eksekutif terkait penggunaan anggaran rakyat untuk penanganan Covid-19.

    “Karena sampai saat ini kami secara kelembagaan belum mendapatkan informasi dan pertanggungjawaban terkait bantuan-bantuan itu sumber anggaran dari mana, kemudian yang disiapkan pemerintah pusat yang mana dan provinsi yang mana,” ujarnya.

    Baca juga:  Kesbangpol Siap Godok Pergub Rekrutmen Anggota DPRP Pengangkatan

    Diakui politisi PDI Perjuangan itu bahwa saat ini sedang work from home (WFH), tetapi paling tidak tiap kegiatan terutama bantuan-bantuan yang diterima wajib melibatkan DPR Papua Barat sebagai lembaga pengawasan.

    “Contoh kegiatan penyerahan bantuan dari BNPB yang diserahkan Pangdam XVIII/Kasuari itu kami tidak tau, ketika teman-teman wartawan publikasi baru kami kaget,” ucap Siknun. (LP2/red)

    Latest articles

    PWI Kritik Pemprov Papua Barat: Kerja-kerja Pers Diabaikan

    0
    MANOKWARI,linkpapua.com- Ketua PWI Papua Barat Bustam melontarkan kritik kepada Pemprov Papua Barat yang dinilai telah mengabaikan peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi. Bustam...

    More like this

    PWI Kritik Pemprov Papua Barat: Kerja-kerja Pers Diabaikan

    MANOKWARI,linkpapua.com- Ketua PWI Papua Barat Bustam melontarkan kritik kepada Pemprov Papua Barat yang dinilai...

    Universitas Caritas Papua Indonesia Resmi Hadir di Manokwari, Buka 5 Prodi

    MANOKWARI,linkpapua.com- Universitas Caritas Indonesia (UNCRI) secara resmi hadir di Kabupaten Manokwari tahun akademik 2024-2025....

    Hari Buruh, Pesan Pj Gubernur Ali Baham: Perjuangkan Keselamatan-Kesehatan Kerja!

    MANOKWARI,linkpapua.com- 1 Mei 2024 hari ini diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Pemprov Papua Barat...