27.5 C
Manokwari
Selasa, April 30, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Pemkab Manokwari Tunda Sekolah Tatap Muka, Sekolah Sambut Baik

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari memutuskan untuk menunda sekolah tatap muka akibat tingginya kasus positif Corona Virus Disease (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir.

    Kebijakan itu mendapat respons positif dari pihak sekolah, salah satunya dari SMP Negeri 6 Manokwari. Melalui kepala sekolahnya, Misbah, mengungkapkan penundaan sekolah tatap muka demi keamanan dan keselamatan bersama terutama siswa.

    “Memang ada baiknya sekolah tatap muka sementara ditunda sehingga proses belajar-mengajar masih sistem daring. Dengan pembelajaran sistem daring sebagai momentum agar orang tua bisa mempersiapkan perangkat IT untuk belajar siswa. Nantinya perangkat IT tetap akan digunakan saat tingkatan sekolah lebih tinggi. Memang harus diakui hikmah yang diambil dari pandemi ini berkembangnya pemahaman penggunaan IT dikalangan siswa dan guru,” ujar Misbah Jumat (2/7/2021).

    Baca juga:  545 Guru Terima SK PPPK, Ini Pesan Bupati Manokwari

    Misbah berujar, dalam proses belajar mengajar secara daring diakui cukup melelahkan. Para guru pun dituntut berpartisipasi sejumlah kegiatan untuk menambah referensi bahan ajar siswa. Dengan begitu memotivasi guru agar bisa menerapkannya saat memberikan materi ke siswanya.

    Baca juga:  HUT Ke-66 GKI di Tanah Papua, Bupati Hermus: Jaga Manokwari sebagai Rumah Bersama

    “Dengan mengikuti seminar-seminar secara daring tentu menambah referensi bagi guru untuk mengajar siswanya. Siswa juga semakin familiar menggunakan perangkat elektronik. Memang yang sempat menjadi kendala ini soal jaringan internet karena tidak semua wilayah kondisi jaringan stabil. Guru-guru juga yang belum punya perangkat IT bisa menggunakan fasilitas sekolah. Siswa juga bisa datang ke sekolah jika menemui kendala soal belajar tetapi sesuai arahan guru agar tetap tertib dan tidak ada penumpukan,” ungkapnya.

    Baca juga:  Ketua IKAMA Setuju Miras di Manokwari Dilegalkan: Asal Dikontrol

    Selain itu, jumlah guru di sekolah tersebut yang sudah menjalani vaksinasi baru mencapai 35 persen dari 50 orang tenaga guru dan Tata Usaha (TU). Penyebab masih banyaknya guru yang belum menjalani vaksinasi dikarenakan adanya penyakit bawaan dan masih menyusui anaknya. Pihak sekolah sendiri tetap melakukan persiapan jika sewaktu-waktu pemerintah menerapkan sekolah tatap muka. (LP3/Red)

    Latest articles

    Resmi Daftar di PDIP, Dominggus Mandacan Akui Disodori 13 Calon Pendamping

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dominggus Mandacan resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Papua Barat lewat PDI Perjuangan, Selasa (30/4/2024). Dominggus datang ke Sekretariat PDIP ditemani istri...

    More like this

    Resmi Daftar di PDIP, Dominggus Mandacan Akui Disodori 13 Calon Pendamping

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dominggus Mandacan resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Papua Barat lewat PDI...

    Operasi Trisila di Papua-Maluku, TNI AL Kerahkan 5 KRI dan 300 Prajurit

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menyiapkan sejumlah alutsista dan 300...

    Komitmen Pemda Manokwari dan Koarmada III Dalam Penanganan Stunting

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou bersama Panglima Komando (Pangkor) Armada III Laksamana Muda...