26.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 1, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Alat PCR di RSUD Manokwari Siap Digunakan

    Published on

    MANOKWARI – Setelah tertunda pengoperasiannya, alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi Corona Virus Disease (Covid-19) milik pemda Manokwari siap digunakan. Namun untuk pengoperasiannya masih menunggu pengujian dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

    Kepala dinas kesehatan Manokwari, Alfred Bandaso mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan uji coba alat PCR tersebut.

    Baca juga:  BPOM Manokwari Uji Ratusan Takjil, Ini Hasilnya

    “Kita masih menunggu sampel covid-19 dari Makassar untuk dilakukan uji coba alat PCR disini. Hasil uji coba seperti apa nanti hasilnya dikirim ke laboratorium Kemenkes kalau sudah sesuai maka dapat legitimasi untuk bisa dioperasikan di Manokwari alatnya,”ujar Bandaso Senin (24/8/2020)

    Baca juga:  3 Bulan Intervensi, Anak Stunting di Puskesmas Sowi Kini Tersisa 2 Orang

    Diungkapkan Bandaso, petugas medis yang akan mengoperasikan alat PCR itu juga sudah lengkap yang terdiri dari dokter umum, spesialis patologiklinik, dan 4 tenaga ahli laboratorium.

    Penggunaan alat PCR sendiri sempat tertunda beberapa waktu lalu dengan sejumlah penyebab seperti perlu dilakukan pelatihan pada tenaga ahli dilaboratorium maupun belum lengkapnya peralatan PCR. Selama ini data orang yang terduga mengidap covid-19 di Manokwari dilakukan tes menggunakan PCR milik pemprov Papua Barat ataupun sampelnya di kirim ke Makassar.(LPB3/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pengangkatan Anggota DPRP-DPRK Libatkan Lembaga Adat

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri launching mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK di Gedung PKK Papua Barat, Selasa (30/4/2024)....

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Layanan Makin Lengkap, Berobat Gigi Bisa Menggunakan BPJS Kesehatan

    MANOKWARI, cahayapapua.id- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...