27 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27 C
Manokwari
More

    Bantuan Berpotensi Dobel, DPRD Manokwari minta Disdukcapil Update Data Kependudukan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPRD Kabupaten Manokwari, Papua Barat gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (22/6/2021). Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dihadirkan mengurai masalah yang sedang terjadi.

    Salah satu OPD yang jadi sorotan pada RDP itu adalah, Dinas Catatan Sipil. Ketua komisi A DPRD Manokwari, Masrawi Arianto meminta agar melakukan pendataan kembali terkait data penduduk Manokwari yang masih ada dugaan data ganda.

    Baca juga:  Warga Kampung Buton Temukan Bom, Tim Gegana-TNI Lakukan Evakuasi

    Dengan kondisi tersebut katanya, juga dapat berpengaruh pada data ganda penerima bantuan kartu Indonesia sehat (KIS).

    “Ada dugaan data ganda masyarakat. Hal ini berkaitan dengan NIK (nomor induk kependudukan). Pasalnya NIK harus terdaftar di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Selain penyaluran bantuan kepada masyarakat dari dinas sosial ada juga bantuan dari dinas lain misalnya Disnakertrans dan disperindakop yang harus menggunakan data valid kependudukan,” ungkap Masrawi Arianto.

    Baca juga:  Semarak HUT Kemerdekaan RI, Kodim Manokwari Gelar Fashion Show Cilik

    Dikatakan politisi PKS tersebut Dinas kependudukan dan pencatatan sipil juga harus pakai sistem jemput bola untuk melakukan pendataan di masyarakat sehingga mereka tidak membuat KTP sembarangan.

    Baca juga:  Sambut Nataru, Pasar Murah Pemkab Manokwari Siapkan 4.000 Paket Bapok

    Dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat harus menggunakan data pendudukan yang bisa terverifikasi melalui aplikasi kependudukan.

    “Jangan sampai masyarakat yang seharusnya dapat bantuan malah tidak dapat bantuan karena berkaitan dengan data kependudukan,”tutupnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...