26.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Melalui TMMD, Kodim Teluk Bintuni Komitmen Jadikan Kampung Idoor Lebih Baik

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Komandan Kodim (Dandim) 1806/Teluk Bintuni, Letkol Inf Kadek Abriawan, S.I.P mengunjungi Kampung Idoor, Distrik Wamesa, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Minggu (20/6/2021). Kampung tersebut adalah satu lokasi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun ini.

    Secara geografis, Kampung Idoor yang berada di lembah pedalaman Wamesa, akses keluar-masuk kampung tersebut sangat sulit. Untuk sampai ke sana, bisa menggunakan jalur darat maupun laut.

    Jika melalui jalur laut dan sungai yang kecil, bisa memakan waktu kurang lebih 4-5 jam dengan menggunakan perahu longboat. Sementara, melalui jalan darat harus melalui Kampung Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, sejauh kurang lebih 120 kilomoter dengan waktu tempuh 8-9 jam.

    Baca juga:  Besok TMMD ke 111 Dibuka, Danrem 182/JO Kunjungi Teluk Bintuni Gunakan Speed Boat

    Secara umum kondisi masyarakat Kampung Idoor sangat baik. Warga di sana juga sangat menerima kehadiran warga dari luar kampung, baik dalam hal berkunjung maupun untuk tinggal.

    Kampung Idoor memiliki jumlah penduduk kurang lebih 700 orang, terdiri atas 144 kepala keluarga (KK). Jika dibandingkan jumlah penduduk dengan tempat tinggal (rumah), sangatlah terbatas. Masih ditemukan masyarakat tinggal dalam satu rumah sebanyak dua KK.

    Baca juga:  Apel Pasukan Operasi Mantap Brata, Kapolres Teluk Bintuni: Terorisme Harus Dihadapi Serius

    Masyarakat di sana sehari-hari melaksanakan kegiatan berkebun, seperti menanam sagu, pisang, dan ubi sebagai mata pencaharian utama sekaligus sebagai makanan pokok. Warga juga bisa memancing ikan di sepanjang sungai untuk dijadikan lauk.

    Hasil kebun itu tidak ada yang diperjualbelikan, baik di dalam kampung maupun keluar kampung. Namun, cukup untuk dikonsumsi sehari hari. Itu karena sangat susah dan sulitnya jalur keluar masuk Kampung Idoor baik melalui jalur sungai maupun darat.

    Baca juga:  Wakil Bupati Teluk Bintuni Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

    Atas semua kondisi itu, TMMD hadir untuk memberikan paling tidak masyarakat setempat bisa beraktivitas lebih baik dari sebelumnya.

    Kadek Abriawan mengaku telah berkomitmen dan berkoordinasi sekaligus mendorong Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni untuk melakukan satu terobosan. Salah satunya dengan melaksanakan pembangunan, khususnya perumahan dan pengerasan jalan melalui kegiatan TMMD ke-111 ini. (LP5/red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    NasDem Bintuni Buka Penjaringan Cabup-Cawabup, Jen Fimbay-Imanuel Horna Hari ini Daftar

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Partai NasDem Teluk Bintuni resmi membuka penjaringan calon bupati dan wakil bupati...

    NasDem Bintuni Buka Penjaringan Cabup-Cawabup, Jen Fimbay-Imanuel Horna Hari ini Daftar

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Partai NasDem Teluk Bintuni resmi membuka penjaringan calon bupati dan wakil bupati...

    3 Calon Bupati Teluk Bintuni Mendaftar ke PDI-Perjuangan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Papua Barat Talimbekas Paulus menyampaikan saat ini sudah ada...