26.9 C
Manokwari
Selasa, Mei 7, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Mananwir Hengky Korwa Terpilih Jadi Kepala Suku Byak Papua Barat  

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com -Pelaksanaan hasil Musyawarah Besar (Mubes) pertama Byak pada, Jumat (12/6/2021) kemarin, menghasilkan ketua terpilih Mananwir Hengky Korwa sebagai kepala suku Byak di Papua Barat. Henky Korwa terpilih setelah melalui proses pemilihan oleh peserta Mubes dari perwakilan kabupaten/kota di Papua Barat.

    Ketua panitia pelaksana Mubes, Filep Wamafma mengatakan hasil  tersebut akan disampaikan pada dewan adat Biak sebagai pimpinan tertinggi.

    “Memang calonnya ada dari wilayah Sorong dan Manokwari yang akhirnya terpilih Mananwir Hengky Korwa berdasarkan perwakilan kabupaten/kota yaitu 15 orang per daerah. Hasil dari Mubes ini akan dilaporkan ke induk dewan adat di Byak, berkaitan dengan struktur atau konsep yang diusulkan,”ungkap Filep Minggu (13/6/2021).

    Baca juga:  Ketua DPD Partai Ummat Manokwari: Sistem Proporsional Terbuka Ideal untuk Pemilu 2024

    Diungkapkannya, panitia akan mendiskusikan hasil Mubes tersebut dengan dewan adat di Byak berkaitan dengan struktur maupun bentuk organisasi. Pelantikan sendiri dijadwalkan digelar Juli mendatang. Hasil tersebut juga menegaskan persatuan suku Byak di Papua Barat serta saling mendukung.

    Baca juga:  Musda IMM Papua Barat Dituntut Lahirkan Kader Kolaboratif

    Ditambahkan Filep, Mubes tersebut juga menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk kepentingan masyarakat.
    “Suku Byak akan saling mendukung bersama untuk menunjang pembangunan di daerah untuk mendukung kebijakan yang pro ke rakyat. Sehingga Mubes ini tidak ada motivasi politik. Ini untuk menepis anggapan selama ini dipublik, tetapi mubes merupakan aspirasi masyarakat Byak. Kita ingin hasil ini tidak hanya berkaitan dengan hal yang tradisional tetapi menghasilkan konsep besar agar suku Byak keluar dari kemiskinan, ketertinggalan dan keterbatasan SDM. Ini yang selama menjadi persoalan yang terjadi,” jelasnya.

    Baca juga:  Musda Pemuda-pemudi Kei, Kepala Suku: Siapa Pun Ketua, Jaga Adat Istiadat

    Filep menambahkan sebagai suku pertama yang mengenal peradaban maka suku Byak selayaknya memberikan ide dan gagasan bagi suku-suku di Papua agar bisa lebih maju.(LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek Amnpir mengungkapkan perlunya memberikan sosialisasi pelayanan terhadap para pemilik usaha...

    More like this

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...

    Hermus Indou Hadiri Pembekalan Bacakada PKB, Cak Imin Sampaikan Sejumlah Pesan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati petahana Manokwari Hermus Indou mengikuti pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada)...