27.6 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.6 C
Manokwari
More

    Raih WTP, Pj Gubernur Papua Barat Instruksikan OPD Tindak Lanjuti Rekomendasi BPK

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Ada beberapa catatan menyertai hasil positif ini dan hal tersebut segera ditindaklanjuti.

    Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengatakan segera mengambil langkah konkret menindaklanjuti sejumlah rekomendasi BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

    Baca juga:  Desember Papua Barat Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD: Siapkan Mitigasi

    Ia mengungkapkan, laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang telah disampaikan akan menjadi pedoman bagi pemerintah dalam melakukan perbaikan dan penyempurnaan keuangan daerah yang lebih baik.

    “Kami berharap dengan semakin membaiknya pengelolaan keuangan akan berpengaruh juga terhadap peningkatan kinerja. Kami yakin bahwa temuan dan rekomendasi dari BPK RI yang tertuang dalam laporan hasil pemeriksaan memberikan saran konstruktif bagi kami,” ujar Waterpauw usai penyerahan LHP rapat paripurna istimewa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat, Rabu (31/5/2023).

    Baca juga:  Konferensi HPI Ke-168 Rekomendasikan Pembangunan Pusat Pengkajian Permasalahan Gereja-gereja di Papua

    Ia mengungkapkan, pemerintah akan terus berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan sesuai dengan temuan pemeriksaan BPK.

    “Termasuk sesegera mungkin dan berusaha semaksimal mungkin menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan sesuai perundang-undangan,” katanya.

    Pemprov Papua Barat, kata Waterpauw, juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Menurutnya, ini merupakan pencapaian yang membanggakan dan terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah.

    Baca juga:  615 Guru SMA/SMK Se-Papua Barat Terima SK PPPK

    “Permasalahan ini harus kita lewati bersama. Saya perintahkan kepada pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) mencermati hasil temuan pemeriksaan BPK,” tegasnya.

    Sekadar informasi, raihan opini WTP kali ini merupakan yang kesembilan kalinya untuk Pemprov Papua Barat. (LP9/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar...

    Jalin Kekompakan Antar Anggota, Polres Teluk Bintuni Gelar Berbagai Lomba 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar berbagai lomba antar anggota kepolisian. Lomba dipusatkan di...

    Persiapan Pilkada Serentak 2024, KPU Manokwari Mulai Perekrutan Penyelenggara Ad hoc

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari dalam kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak...