27.4 C
Manokwari
Jumat, Maret 29, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    2023, Pemkab Manokwari Target Dirikan Lagi Satu BUMD Baru

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyampaikan pemerintah daerah akan kembali mendirikan sebuah Badan Usaha Milik daerah (BUMD). BUMD ini akan bergerak multisektor, terutama pada pengembangan perikanan.

    “BUMD yang akan kita bentuk ini tidak lain bertujuan untuk mendukung kemandirian dan fiskal daerah. Kita harapkan BUMD ini menjangkau sektor-sektor unggulan kita,” kata Hermus saat pemaparan hasil kajian analisis kebutuhan daerah dan kelayakan BUMD di ruang kerja Bupati Manokwari, Selasa (22/11/2022).

    Baca juga:  Atur Ulang Peredaran Miras, Pemkab Manokwari Gandeng Unipa

    Menurut Hermus, pembentukan BUMD sejalan dengan amanat Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus (Otsus). Tiap daerah harus bisa secara mandiri membiayai rumah tangganya dengan mengandalkan kemampuan yang dimiliki, baik dari aspek ekonomi maupun fiskal dan keuangan daerah.

    “Mendirikan BUMD adalah sebuah strategi untuk mewujudkan Manokwari yang mandiri dari sisi ekonomi dan fiskal,” terangnya.

    Baca juga:  5.115 pasien COVID-19 Papua Barat berhasil Sembuh

    Hermus menambahkan, BUMD ini ditergetkan beroperasi secara produktif pada 2023. BUMD ini akan bergerak pada sektor perikanan, terutama perikanan tangkap dan juga perikanan budi daya.

    “Ini akan menjadi fokus kita. Agar ke depan sektor perikanan akan bergerak mendorong kemandirian daerah dan produktif,” paparnya.

    Selain itu, BUMD juga diharapkan mampu melakukan pengelolaan pasar, terutama Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi yang akan dibangun dalam waktu dekat. Dua pasar ini akan berada dalam pengelolaan BUMD.

    Baca juga:  Rotasi Puluhan Pejabat, Gubernur Dominggus: Selamat Bekerja

    Begitu juga dengan pengelolaan sampah yang dihasilkan dari Kota Manokwari. Dari dua pasar ini bisa dikelola dengan baik dan bernilai ekonomi bagi pembangunan.

    “Terutama retribusi sampah bisa mengisi kapasitas fiskal daerah,” tutur Hermus. (LP8/Red)

    Latest articles

    Pertamina Pastikan Stok Gas LPG tersedia Hingga Idul Fitri

    0
    JAYAPURA, Linkpapua.com- PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku memastikan stok Liquified Petroleum Gas (LPG) selama bulan Ramadhan 1445 H dalam kondisi aman di...

    MUI Papua Barat Keluarkan Imbauan Untuk LDII

    More like this

    Gandeng Pemprov PB, Bapanas Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah di Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Pemprov Papua Barat melanjutkan program Gerakan Pangan...

    Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan Menejemen SPBU DODO 84.983 Berbagi Takjil 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SPBU DODO 84.983 yang dikelola PT. Papua Bumi Kasuari pada Kamis (28/3/2024)...

    Disnakertrans Mansel Akui Banyak Perusahaan Bandel, tak Laporkan Data Karyawan

    MANSEL, Linkpapua.com - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Manokwari Selatan mencatat baru 2...