25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    13 Jabatan di Pemprov PB Kena Evaluasi Kinerja, Ada Pejabat Berpotensi Nonjob

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Ada 13 jabatan yang bakal mendapat evaluasi kinerja dalam proses restrukturisasi yang tengah digulir Pemprov Papua Barat. Selain evaluasi kinerja, terdapat 18 jabatan yang harus mengikuti uji kompetensi.

    Hal ini disampaikan Pj Sekda Papua Barat Dance Sangkek, Kamis (16/3/2023). Ia menjelaskan, dalam uji kompetensi, ada delapan jabatan yang akan menyusul berikut tiga jabatan dilakukan seleksi terbuka.

    “Jadi total seluruhnya 51 jabatan tinggi pratama. Kita berharap dari hasil evaluasi jabatan dan uji kompetensi akan lahir birokrat birokrat andal di Papua Barat,” ujar Dance Sangkek.

    Dance kemudian menjelaskan, bahwa evaluasi kinerja dilakukan terhadap pejabat yang telah menduduki jabatan di atas 5 tahun. Sedangkan Uji kompetensi dilakukan bagi pejabat yang telah menduduki jabatan 1 sampai 5 tahun.

    “Hasil yang didapat dari evaluasi kinerja adalah pejabat yang bersangkutan dapat dipertahankan pada jabatan yang sama atau dipindahkan/mutasi atau bisa demosi,” katanya.

    Baca juga:  Ketua KNPI Papua Barat: Proses Hukum Lukas Enembe Mesti Disikapi Arif dan Bijaksana

    Sedangkan untuk pejabat yang ikut uji kompetensi menghasilkan dua hal. Tetap pada jabatan atau dimutasi. Dari uji kompetensi dan evaluasi, banyak pejabat yang berpotensi nonjob.

    Dance Sangkek menanggapi dinamika di masyarakat terkait evaluasi kinerja dan uji kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat. Dance Sangkek menyebut, uji kompetensi mutlak harus dilakukan sebagai manajemen organisasi modern.

    Menurutnya, ada beberapa alasan dilakukannya uji kompetensi. Pertama kata Dance, menjadi hal yang mutlak harus terjadi pada Manajemen organisasi modern yang hidup dan dinamis. Harus dilakukan evaluasi baik struktural, kinerja/hasil fungsionalisasi maupun SDM yang berbasis pada kompetensi dan inovasi secara periodik.

    “Yang kedua, jabatan pada sebuah organisasi terutama OPD bukanlah hak seseorang ASN. Melainkan kepercayaan pimpinan kepada ASN yang telah memenuhi syarat,” jelasnya.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Sebut Rotasi Jabatan Hal Wajar

    Ketiga lanjut Dance, kewenagan menentukan seseorang dalam menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama adalah pejabat pembina kepegawaian (PPK).

    “Siapa PPK itu? Ya Gubernur. Gubernur memiliki kewenangan mutlak untuk menentukan seseorang dalam menduduki jabatan pada OPD dan tidak diganggu gugat oleh siapapun,” papar Dance.

    Lalu yang keempat menurut dia. gubernur apakah defenitif atau penjabat gubernur di dalam melakukan evaluasi kinerja maupun uji kompetensi sebelum melakukannya wajib berkonsultasi dan meminta persetujuan Menteri Dalam Negeri, Menpam RB, Kepala BKN dan Komisioner ASN RI.

    Kelima, apa yang sedang dilakukan oleh Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw telah mendapat persetujuan. Baik dari Menteri Dalam Negeri, BKN maupun KASN RI.

    “Jadi tujuannya adalah dinamisasi organisasi, penyesuaian orang/ASN yang tepat pada jabatan sesuai kompetensi. Juga proses kaderisasi dan pembinaan karier yang jelas. Dan yang terpenting adalah percepatan/akselerasi penanganan masalah krusial daerah seperti stunting, kemiskinan ekstrem, peningkatan nilai tambah pada pengelolaan sumber penerimaan/pendapatan dagi daerah untuk mendukung kapasitas fiskal daerah yang memadai bagi pembangunan. Juga keseimbangan daerah dan peningkatan profesionalisme ASN,” jelas Dance.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Lantik Yacob Fonataba sebagai Pj Sekda Papua Barat

    Karena itu ia mengharapkan masyarakat memberikan dukungan yang baik kepada pj Gubernur. Ini penting kata Dance, sebab yang paling bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat di daerah ini adalah penyelenggara pemerintahan daerah itu sendiri.

    “Siapa pemerintah daerah ya gubernur dan para pimpinan OPD itu sendiri. Itu sebabnya sekali lagi mari kita semua mendukung apa yg dilakukan pj Gubernur, bapak Paulus Waterpauw. Ini demi masa depan Papua Barat yang baik dan bermartabat,” tutur Dance. (LP9/red) 

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...