27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Satgas : Waspadai penularan COVID-19 di tahapan kampanye

    Published on

    Manokwari- Satuan tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat mengingatkan masyarakat, kandidat serta tim sukses terus mewaspadai penularan COVID-19 mementum Pilkada serentak tahun 2020.

    “Terutama ada tahapan kampanye kandidat Pilkada yang cukup panjang waktunya dari 26 hingga 5 Desember 2020. Semua harus waspada, harus ada ketegasan dalam pendisiplinan protokol kesehatan,” kata juru bicara Satgas COVID-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap, Jumat (9/10).

    “Ada rentang waktu cukup lama, kalau tidak hati-hati jangan kaget jika terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi pada masa kampanye ini,” ucapnya lagi.

    Baca juga:  Mentan Amran Tiba di Manokwari, Fokus Konsolidasi Pertanian

    Arnold menyebutkan, kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan belum sejalan dengan semangat pesta demokrasi. Pilkada serentak yang digelar ditengah pandemi ini membutuhkan ketegasan penyelenggara pemilu.

    “Tiga poin penting dalam protokol kesehatan adalah pakai masker, jaga jarak dan rutin cuci tangan. Ini masih susah, kalau kita mengumpulkan banyak orang jaga jaraknya belum nampak, cuci tangan apa lagi,” katanya.

    Ia menyebutkan, beberapa pekan lalu dua bakal calon bupati di Papua Barat terpapar COVID-19 yakni dari Sorong Selatan dan Manokwari Selatan. Kasus tersebut diharapkan menjadi perhatikan bagi seluruh calon kepala daerah.

    Baca juga:  Kumpulkan Kepala OPD, Dominggus Minta Program 2021 Digenjot

    Arnold berharap, protokol kesehatan pada seluruh tahapan pilkada benar-benar dipatuhi. Tindakan tegas harus dilaksanakan agar Pilkada tidak menjadi klaster baru COVID-19 di Papua Barat.

    “Apa yang terjadi sekarang ini adalah buah dari apa yang kita tanam sebelumya. Kita jaga sama-sama agar kasus COVID-19 di Papua Barat tetap terkendali, meskipun digelar Pilkada,” ujarnya menambahkan.

    Baca juga:  FGD Evaluasi RPJPD, Waterpauw kepada OPD: Manfaatkan Durasi dan Selesaikan Renstra

    Ia mengungkapkan, penyebaran COVID-19 sudah sangat masif di Papua Barat. Dari sembilan daerah yang menggelar Pilkada serentak hanya satu yang saat ini masih berada pada zona hijau.

    Pilkada serentak di provinsi ini akan dilaksanakan di Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Raja Ampat, Sorong Selatan, Fakfak serta Kaimana. Dari sembilan kabupaten ini, tersisa Pegunungan Arfak yang belum pernah melaporkan temuan kasus positif COVID-19.(LPB1/red)

    Latest articles

    Operasi Patuh 2024, Polres Bintuni Fokus Cegah Gangguan dan Lakalantas

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar apel menandai dimulainya Operasi Patuh Mansinam 2024, Senin (15/7/2024). Operasi Patuh akan fokus mencegah terjadinya lakalantas dan potensi...

    More like this

    Stunting Papua Barat Masih di Angka 24%, Jacob Fonataba: Kita Terus Intervensi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan, prevalensi stunting Papua Barat masih...

    Pimpin Apel, Jacob Fonataba Bicara Displin ASN hingga Hasil Audit BPK

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba memimpin apel gabungan di Kantor Gubernur,...

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...