27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Perdana Pemilihan Langsung, Hamka Ismail Terpilih Jadi Ketua RT Kampung Bugis

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Warga di RT 5/RW 7, Kampung Bugis, Kelurahan Wosi, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, untuk pertama kalinya menggelar pemilihan ketua RT secara langsung. Selama ini sebatas penunjukan.

    Hasilnya, Hamka Ismail terpilih sebagai ketua RT untuk periode 2022-2027 dalam pemilihan yang berlangsung, Minggu (12/6/2022). Ia memperoleh 74 suara mengungguli dua calon lainnya, yaitu Mina Haji dan Abdul Hakim Karim.

    Baca juga:  Didorong Pimpin IPSS Manokwari, Patrix Usung Gagasan "IPSS Plus"

    Usai terpilih sebagai ketua RT, Hamka Ismail, mengatakan langkah awa yang akan dilakukan pihaknya adalah melakukan pendataan penduduk.

    “Kita akan mengecek KTP warga yang ada di sini. Jika sudah lebih dari setahun, maka harus KTP-nya beralamat di RT sini. Kita juga akan melakukan pembinaan warga, termasuk kelompok karang Taruna di sini,” kata Hamka Ismail.

    Sementara, ketua penyelenggara pemilihan ketua RT, M. Amien Muslim, mengatakan pemilihan secara langsung seperti saat ini baru pertama kali dilakukan.

    Baca juga:  Tujuh Orang Meninggal Akibat Lakalantas di Mansel, Dominan Akibat Miras

    “Selama ini kalau pemilihan RT hanya ditunjuk saja siapa yang bersedia. Memang untuk kali ini kita berinisiatif melakukan pemilihan secara langsung sebagai pendidikan politik ke masyarakat,” kata Amien.

    Hal ini, kata dia, agar masyarakat tidak hanya berpikir menyalurkan hak suara saat pilkada atau pileg saja. Meskipun persiapan hanya sekitar empat hari, tetapi hasilnya cukup baik dan berlangsung lancar.

    Baca juga:  1.283 Honorer Yang Dinyatakan Lulus Terima Arahan dari Gubernur

    Amien menjelaskan petugas pemungutan suara berasal dari Karang Taruna setempat. Dari sekitar 200 warga yang memiliki hak suara, tercatat yang menyalurkan hak suara 179 orang.

    Pelaksanaan pemilihan ketua RT berjalan aman dan tertib. Itu terbukti dari jumlah pemilih yang melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). (LP3/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Persiapan Pilkada Serentak 2024, KPU Manokwari Mulai Perekrutan Penyelenggara Ad hoc

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari dalam kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak...

    Hermus Indou Puji Kontribusi LDII Bagi Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Manokwari menggelar Silaturohim Syawal pada Sabtu...

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase...