28 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28 C
Manokwari
More

    Parpol diingatkan ciptakan keamanan di Pilkada Manokwari

    Published on

    Manokwari-Partai politik pengusung dan pendukung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (Cabup-Cawabup) diingatkan untuk menciptakan kondusifitas keamanan pada Pilkada serentak di Kabupaten Manokwari.

    Pada silaturahmi bersama penyelenggara pemilu, pengurus parpol serta Forkopimda di Polres Manokwari, Rabu (9/9), Tokoh masyarakat suku Biak Abner Korwa mengutarakan bahwa partai politik memiliki peran besar dalam menciptakan keamanan selama Pilkada.

    “Ibarat bertandingan tinju, dalam Pilkada ini, KPU adalah penyelenggara, Bawaslu wasit. Sedangkan partai politik tim pengusung pasangan yang akan tinju diatas ring,” ucap Korwa.

    Baca juga:  Kebakaran Kompleks Borobudur, BPBD Papua Barat Berlakukan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

    Menurut dia, partai sebagai pengusung peran besar dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada. Untuk itu parpol dan seluruh tim pemenangan diharapkan bisa mengendalikan massa pendukung kandidat.

    “Pada ring tinju itu kalau petinju jagoannya kalah biasanya sporter yang ribut. Sporter itu bagaikan pendukung pasangan calon, maka partai harus mampu mengendalikan mereka,” ucap Korwa lagi.

    Dia pun berharap, para kandidat peserta Pilkada memahami dan melaksanakan aturan yang secara baik.

    Baca juga:  Ali Baham Instruksikan Pimpinan OPD Boyong ASN Golongan II ke Jakarta: Ini Bukan Jalan-jalan!

    “Kalau petinju tidak tahu aturan, main sembarang maka pendukung di bawah akan ikut ribut. Babak belur di atas ring itu konsekuensi dalam pertandingan tinju. Itu biasa, siapa suruh mau ikut bertanding,” tuturnya.

    Selain KPU dan Bawaslu, ia pun berharap pengurus partai turut memberikan pemahaman kepada cabup dan cawabup yang diusung, tentang aturan kepemiluan.

    “Selama ini kalau terjadi keributan kepala suku dan polisi yang sibuk meredam massa. Kedepan jangan lagi seperti, semua bersinergi partai melaksanakan peranya secara baik,” ujarnya menambahkan.

    Baca juga:  Syifa Fauziah Dorong BKMT Papua Barat dan Manokwari Tebar Kebaikan di Masyarakat

    Tahapan Pilkada di seluruh daerah Ini
    saat ini sudah dibuka termasuk Kabupaten Manokwari. KPU Manokwari sudah selesai melaksanakan tahap pendaftaran dan saat ini sedang dilakukan verifikasi faktual berkas para bakal calon.

    Manokwari, ada dua pasangan bakal cabup dan cawabup yang dinyatakan berkasnya lengkap dan diterima KPU. Mereka adalah pasangan Hermus Indou-Edi Budoyo dan Sius Dowansiba-Moses Rudi F Timisela.(LPB1/red)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    Sosialisasikan Amdal-net, DLH Papua Barat: Ini Langkah Penyelamatan Lingkungan 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat melakukan sosialisasi dan...

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...

    Disdik Papua Barat Gelar Rakornis Pendidikan, Fokus Peningkatan Kualitas Layanan

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua Barat mengadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis)...