Sabtu, Januari 28, 2023
27 C
Manokwari
27 C
Manokwari
Sabtu, Januari 28, 2023

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Muswil Muhammadiyah III, Momen Perpisahan Pengurus Wilayah Papua Barat-PBD

MANOKWARI, LinkPapua.com – Musyawarah Wilayah (Muswil) Pengurus Wilayah Muhammadiyah Papua Barat III dibuka, Rabu (28/12/2022). Muswil kali ini akan memilih dua pimpinan wilayah, yakni Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD).

Asisten II Setda Papua Barat, Thamrin Payapo, menyampaikan bahwa Muhammadiyah banyak berkontribusi di Papua Barat. Terutama di bidang pendidikan dan pembinaan umat.

Thamrin juga menyebut bahwa Muswil III ini merupakan ajang perpisahan. “Ini Muswil perpisahan dua wilayah, yakni Papua Barat dan Papua Barat Daya,” kata Thamrin di hadapan peserta musyawarah.

Meski demikian, walaupun berbeda provinsi, Thamrin menyebut Muhammadiyah tetaplah satu untuk bersama pemerintah membangun daerah.

“Masih banyak masalah SDM misalnya masih tinggi angka stunting, kekurangan gizi, angka putus sekolah, dan lainnya. Pemerintah tetap berharap kerja sama dengan berbagai pihak termasuk Muhammadiyah,” ucapnya.

Ketua Muhammadiyah Wilayah Papua Barat, Mulyadi Djaya, mengatakan, Muswil III ini merupakan momen yang luar biasa, sesuai dengan dinamika yang ada di Papua Barat, sebab akan dilakukan musyawarah dengan memilih dua pengurus wilayah.

“Bertepatan dengan pemekaran wilayah Papua Barat Daya ini tentu teman-teman dari wilayah Sorong Raya menginginkan lahirnya PWM atau Pengurus Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya,” tuturnya.

Baca juga:  Sosok Wardi Nabi, Imam OAP yang Pimpin Salat Id Warga Muhammadiyah di Manokwari
Baca juga:  Hari Ini, 3.000 Warga Muhammadiyah Papua Barat Gelar Salat Iduladha

Menurutnya, keinginan tersebut tentu sebelumnya telah dibicarakan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat dalam pertemuan bersama yang digelar pada 25 Desember lalu.

“Tentu kita serahkan pada mekanisme pleno yang ada apakah Pengurus Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya dipilih oleh seluruh pimpinan daerah dari 12 kabupaten dan kota dan 7 organisasi otonom (ortom) atau hanya dipilih oleh 6 daerah di wilayah Papua Barat Daya. Tapil yang jelas Muswil III ini merupakan sejarah karena akan menghasilkan dua pimpinan wilayah Muhammadiyah,” bebernya.

Muswil III diikuti ratusan peserta yang merupakan wakil dari 12 kabupaten kota yang ada di Papua Barat. Terdapat 61 calon pimpinan dan pengurus wilayah atau calon formatur.

Pembukaan dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tablig Dakwah Komunitas, Kepesantrenan, Pembinaan Haji dan umrah, Muhammad Saad Ibrahim, mantan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, anggota DPD RI, Sanusi Rahaningmas, dan warga Muhammadiyah di Papua Barat serta Papua Barat Daya. Muswil rencana digelar selama dua, 28-29 Desember. (LP2/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here