26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Markus Fatem: Pak Pj Bupati Tambrauw, Tolong Rehabilitasi Pos Konservasi Penyu Jeen Womom

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Aktivis konservasi di Papua Barat, Markus Fatem, menitip pesan kepada Penjabat (Pj) Bupati Tambrauw, Engelbertus Gabriel Kocu, agar membantu merehabilitasi pos konservasi kontak penjagaan penyu belimbing di Jeen Womom.

    Taman konservasi Jeen Womom, Kampung Warmandi, Distrik Abun, saat ini dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melaui Dinas Kelautan dan Perikanan.

    Baca juga:  Tunggu SK DPP, BMP2I Papua Barat Daya Segera Terbentuk

    “Yang terhormat Bapak Penjabat Penjabat Bupati Tambrauw, saya titip pesan ini tolong kami untuk rehab pos konservasi kami di pesisir pantai peneluran penyu di Abun, Tambrauw,” kata Markus dalam siaran persnya, Senin (26/9/2022).

    Baca juga:  DPP REI: Pemerintah Papua Barat Dukung Pengembangan Properti dengan Kemudahan Regulasi

    Aktivis HAM KontraS Papua Barat ini menjelaskan, menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tambrauw pada 28 Oktober 2022, dapat diperingati sebagai tujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat pribumi Tambrauw.

    Selain itu, kesadaran dan melindungi hak-hak populasi masyarakat adat atas wilayahnya masing-masing dalam rangka memperbaiki isu-isu, seperti perlindungan lingkungan, hak komunitas masyarakat adat, dan hewan endemik.

    Baca juga:  Manokwari Inflasi 5,26 Persen September 2023, Tertinggi di Sulampua

    “Masyarakat adat mempunyai hak atas tanah, wilayah, sumber daya, yang secara tradisional mereka miliki dan kuasai untuk pergunakan secara tradisional,” ucap Markus. (*/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Gabriel Asem 2 Periode Pimpin Tambrauw: Pejuang Infrakstruktur hingga Pelopor Konservasi

    TAMBRAUW,linkpapua.com- Bupati Tambrauw periode 2011-2022, Gabriel Asem menoreh banyak karya monumental selama dua periode...

    IPMT Yogyakarta Dorong Putra-Putri Tambrauw Maju di Pilkada

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Mencermati perkembangan politik di Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat Daya Tahun 2024. Ketua...

    Mahasiswa Tambrauw buat Pernyataan Sikap Jelang Pilkada, Cakada Wajib Suku Asli Tambrauw

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan mahasiswa asal Tambrauw yang tengah menempuh pendidikan di Manokwari pada Senin...