26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Mahasiswa di Manokwari Gelar Aksi Respons Gubernur Papua Ditetapkan Tersangka KPK

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Belasan mahasiswa mengatasnamakan solidaritas mahasiswa Papua menggelar aksi longmarch dengan titik kumpul di sekitar kampus Universitas Papua (Unipa), Selasa (20/9/2022).

    Massa menggelar aksi demo sebagai respons Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Dengan membawa spanduk mahasiswa menyatakan penahanan Lukas Enembe sebagai bentuk kriminalisasi.

    Baca juga:  Jambret HP, 3 Pemuda di Manokwari Diciduk Polisi

    Massa yang sempat berorasi akhirnya difasilitasi aparat keamanan menuju Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari.

    Aksi mendapat pengawalan ketat dari Polres Manokwari yang dipimpin langsung Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom.

    “Sekitar 100 personel disiapkan dalam pengamanan aksi demo ini dengan di-back up oleh Polda dan Kodam. Massa dalam surat pemberitahuan ke Polres memang penyampaian aspirasi berkaitan dengan Gubernur Papua,” ujar Gultom.

    Baca juga:  Sebelum Gantung Diri, Ratna Tenggelamkan 2 Anaknya yang Masih Balita

    Dikatakannya. karena tidak diperkenankan melakukan longmarch sehingga kepolisian membantu memfasilitasi kendaraan ke lokasi sasaran penyampaian aspirasi.

    “Ketika massa berkenan untuk difasilitasi kita bantu antarkan ke Kejaksaan Negeri biar lebih tertib juga jalur-jalur yang dilewati,” tambahnya.

    Baca juga:  Hina Suku Arfak, Pemilik Akun FB Echy Dilapor ke Polres Manokwari

    Dalam orasinya, masa meminta KPK RI menjelaskan permasalahan hukum sehingga menahan orang nomor satu di Papua tersebut. Massa ditemui sejumlah pimpinan di Kejari Manokwari.

    Lukas Enembe sudah ditetapkan sebagai tersangka, tetapi KPK belum membeberkan secara resmi konstruksi perkaranya. Diduga ini terkait gratifikasi Rp1 miliar yang diterima Lukas Enembe. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...