25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Maju di Pileg, Saul Rante Lembang Usung Program Infrastruktur dan Pemekaran Kabupaten di Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Calon anggota legislatif DPR RI dari Partai NasDem, Saul Rante Lembang mengatakan, salah satu program yang menjadi prioritasnya di Papua Barat adalah sektor infrastruktur. Menurutnya, kemajuan sektor infrastruktur akan mendorong percepatan ekonomi.

    “Motivasinya itu bagaimana memperjuangkan aspirasi seluruh masyarakat di Papua Barat terutama menyangkut masalah pembangunan infrastruktur yang mungkin perlu kita bawa dan dorong dari pusat. 7 kabupaten yang ada di provinsi ini masih membutuhkan perbaikan infrastruktur,” ungkap Rante Lembang kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Rasionalisasi Anggaran Pemilu 2024

    Caleg DPR RI Dapil Papua Barat Nomor Urut 2 ini menuturkan, selain infrastruktur, dirinya juga akan fokus pada program pemekaran wilayah. Ia melihat, pemekaran memiliki banyak sisi positif.

    Di antaranya akan memperpendek jalur jalur birokrasi. Sehingga kata Rante, pelayanan akan lebih efektif.

    “Pemekaran kabupaten lagi berhubung dengan dimekarkan Provinsi Papua Barat Daya. Maka otomatis jumlah kabupaten yang ada di Papua Barat jadi berkurang hingga tersisa tujuh. Melihat kondisi geografis Papua Barat memang butuh pemekaran termasuk pemekaran distrik dan kampung. Dengan begitu pelayanan akan lebih cepat dan menjangkau wilayah wilayah pedalaman,” bebernya.

    Baca juga:  DPC Gerindra Manokwari Mulai Buka Penjaringan Bacaleg

    Menurut Saul Rante, usulan pemekaran ini akan ditinjau dari berbagai sudut. Daerah yang dianggap sudah layak untuk dimekarkan sebagai daerah otonom baru harus diperjuangkan.

    “Maka tentu kita akan lihat untuk kemudian bisa kita dorong sehingga mempercepat proses pembangunan yang ada di Papua Barat,” sambungnya.

    Baca juga:  Usulan Calon Kepala Sekretariat dan PUMK Panwaslu, Bawaslu Bintuni Surati Kepala Distrik

    Bagi Saul Rante, opsi pemekaran ini merupakan suatu cara untuk membuka keterisolasian daerah-daerah yang mungkin masih dianggap perlu disentuh.

    “Ini kan terbukti setelah pemekaran Papua Barat Daya, pelayanan dan pembangunan berjalan lebih cepat. Karena birokrasi makin pendek. Dan masyarakat bisa mengakses jalur jalur pelayanan dengan cepat,” katanya.

    Karena itulah kata Rante, isu pemekaran akan menjadi salah satu program yang kelak akan ia usung jika terpilih ke DPR RI. (*/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Serahkan Hewan Kurban ke Lapas Manokwari, ini Pesan Ali Baham

    MANOKWAR, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan bantuan hewan kurban...

    DPRK Maybrat Segera Bentuk Pansus LKPj Bupati Tahun Anggaran 2023

    MAYBRAT, LinkPapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Maybrat, Papua Barat Daya, segera membentuk...

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...