28.5 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.5 C
Manokwari
More

    Komisi V DPR Papua Barat Nilai Biaya Pendaftaran SMKN 2 Manokwari Wajar

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Ketua Komisi V DPR Papua Barat, Demianus Enos Rumpaidus, menilai biaya pendaftaran Rp3,8 juta di SMK Negeri 2 Manokwari wajar dengan melihat berbagai item di dalamnya.

    Demianus menyampaikan hal itu setelah pihaknya melakukan sidak di sekolah bersangkutan atas munculnya isu biaya pendaftaran yang mahal.

    “Biaya pendaftaran normalnya Rp3,8 juta. Kalau melihat item-itemnya sudah sesuai jadi tidak terlalu mahal,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

    Baca juga:  Komisi V Sebut Serapan Anggaran Rendah, Ini Kata Kadis Kesehatan Papua Barat

    Kata dia, dari hasil sidak, angka tersebut sudah dilakukan rapat antara dewan guru dan orang tua murid dan sudah ada kesepakatan sebelumnya.

    Demianus mengungkapkan hingga saat ini implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 yang mengamanatkan pendidikan gratis di tanah Papua diberlakukan bagi sekolah negeri hingga saat ini belum terlaksana. Hal ini karena belum ada aturan turunan untuk melaksanakan UU itu.

    Baca juga:  Masa tenang, Bawaslu pastikan turunkan semua APK

    Saat ini tiap sekolah negeri masih berlaku biaya pendaftaran, termasuk seragam, SPP, pembangunan, serta biaya lainnya sesuai kesepakatan bersama pihak sekolah dan orang tua.

    Baca juga:  Serapan Anggaran Dinkes Baru Sentuh 18%, DPR PB: Sulit Penuhi Target

    “Kita akan panggil Dinas Pendidikan untuk hearing bersama. Kita harap ranperda tentang pendidikan juga sudah masuk di Bapemperda untuk segera dilakukan pembahasan,” paparnya.

    Menurut dia, dengan adanya perda tersebut nantinya bisa dilihat mana yang akan menjadi kewajiban dan tanggung jawab murid. (LP9/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Bappeda Papua Barat Gelar FPD: Kemiskinan Ekstrem – Stunting Turun  

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat menggelar rapat Forum Perangkat Daerah...

    LDII Ajak Lawan Krisis Plastik dan Budaya Hidup Bersih Dalam Peringatan Hari Bumi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam momentum peringatan Hari yang digelar Setiap 22 April dimana Pada 2024, Hari...

    Pj Gubernur Ali Baham Puji Wamena: Anak Mudanya sampai ke Rusia-Jepang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri rapat kerja gubernur se-Tanah...