27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Kesbangpol Mediasi Dualisme LMA Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat memediasi dualisme Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua Barat.

    Plt. Kepala Badan Kesbangpol Papua Barat, Edison Ompe, yang dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2023), mengatakan pada dasarnya dua-duanya memenuhi syarat sebagai organisasi.

    “LMA Papua Barat dari sisi notaris sudah dari tahun 2014, sementara LMA Korwil Papua Barat baru tahun 2018 notarisnya di jakarta,” ujar Edison.

    Baca juga:  Luncurkan Layanan Contact Center 110, Polda PB: Jangan Dibuat Main-main

    Edison mengungkapkan, LMA Korwil Papua Barat itu memang langsung ditunjuk ketuanya. Selain itu, AD-ART wilayah kerjanya itu di wilayah Papua. Sementara, LMA Papua Barat wilayah kerjanya jelas Papua Barat.

    Baca juga:  Wujudkan Kamtibmas Kondusif, Kesbangpol Papua Barat Gelar FGD Bersama Lintas Tokoh

    “Dua-duanya sudah memenuhi syarat. Kalau memang LMA Korwil Papua Barat mau di Papua Barat, dia harus merubah AD-ART dari sisi aturan itu,” katanya.

    Dia berharap dua lembaga ini bisa duduk bersama sehingga bisa mengatur program kerja masing-masing dan tidak bertabrakan.

    “Dokumen yang masukan Korwil Papua Barat belum ada program kerja sehingga mereka harus melengkapi. Tadi mereka sudah sama-sama duduk bicara sehingga nanti dilihat dari program kerja jadi yang satu urus ini dan yang satu urus ini,” bebernya.

    Baca juga:  Diperiksa 5 Jam, Kejati Papua Barat Tahan Mantan Kacab Bank Papua

    Menurutnya, pertemuan ini sangat baik sehingga tidak terjadi polemik dan menimbulkan kebingungan di masyarakat. Rujukan Kesbangpol, kata dia, tetap pada aturan. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...