25.9 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Kepala Desa Tuntut Masa Jabatan Sembilan Tahun, Kepala Kampung di Bintuni: Banyak Tipu-Tipu

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Tuntutan perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades) hingga sembilan tahun ditanggapi kepala desa/kampung di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Perpanjangan ini dinilai bisa mengorbankan kepentingan rakyat.

    Suyadi, Kepala Kampung atau Desa Bangun Mulya, Stengkol I, Distrik Tembuni, Teluk Bintuni, menilai idealnya masa jabatan kepala desa hanya enam tahun. Menurutnya, masa jabatan yang terlalu lama justru akan mengorbankan kepentingan rakyat.

    Baca juga:  KPU Teluk Bintuni Tegaskan Pemberhentian 13 Tenaga PPNPN Atas Perintah Sekjen

    “Kasihan rakyatnya kalau masa jabatan sembilan tahun. Kalau kadesnya bagus tidak masalah, tapi kalau kades tidak bagus rakyat yang jadi korban,” kata Suyadi, Minggu (29/1/2023).

    Karena itu, Suryadi lebih setuju jika masa jabatan kepala desa dibatasi hanya enam tahun. “Menurut saya idealnya masa jabatan kepala desa enam tahun saja,” ujarnya.

    Baca juga:  Pemerintah Luncurkan Program Padat Karya, Bupati Manokwari: Ini Menyentuh Langsung Masyarakat

    Dia menyebut, masa jabatan sembilan tahun yang didorong saat ini dilakukan para kepala desa di Pulau Jawa. Hanya, menurutnya, kepala desa banyak yang justru menipu rakyat. “Kepala desa banyak tipu-tipu,” ketusnya.

    Suyadi mengatakan, banyak kepala desa yang “bermain” dalam penggunaan anggaran desa. Dia mencontohkan, saat kepala desa diminta membuat baliho dengan memaparkan program selama satu tahun anggaran dan ditempel di depan kantor atau balai, banyak yang tidak bersedia melakukannya.

    Baca juga:  Jembatan Maruni Manokwari Dipalang Warga sejak Senin Pagi

    Alasannya, kata Suyadi, karena mereka tidak mau terbuka soal anggaran. “Takut ketahuan besaran pekerjaan yang dianggarkan. Itu sudah terjadi di kampung saya ini sebelum saya menjabat,” ungkapnya. (*/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Petrus-Matret Pamer Dermaga Tofoi: Pusat Ekonomi Baru Bintuni

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw bersama Wabup Matret Kokop meresmikan Dermaga Tofoi,...

    Kasihiw Kagum Estetika RS Pratama Babo: Tapi Pelayanan yang Utama

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw meresmikan beroperasinya Rumah Sakit (RS) Pratama Babo,...

    Petrus Kasihiw di Resepsi HUT Ke-21 Bintuni: Ini Kado Terakhir Saya  

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw menghadiri malam resepsi HUT ke-21 Kabupaten Teluk...