27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Jelang Pilkada, ASN Dalam Posisi Dilematis

    Published on

    MANOKWARI-Sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), memiliki hak untuk menyalurkan hak pilihnya dalam setiap pemilu, termasuk dalam pilkada. Meskipun begitu para birokrat tersebut dibatasi untuk terlibat dalam politik praktis. Sejumlah sanksi terancam dikenakan, mulai dari teguran hingga pemecatan.

    Ketua Badan Pengawas Pemilu Manokwari Syors.A. Prawar menjelaskan jelang pilkada ini isu netralitas ASN terus menjadi perhatian. Bahkan sejumlah oknum ASN sudah dipanggil Bawaslu Manokwari untuk melakukan klarifikasi.

    Baca juga:  Tiga Bacaleg Masih TMS di Manokwari, Parpol Tak Bisa Perbaiki Dokumen

    “Bawaslu sudah membuat edaran kepada partai-partai agar tidak melibatkan ASN dalam proses pilkada. Memang ASN punya hak untuk memilih, tetapi secara aturan tidak boleh terlibat langsung. Yang menjadi acuan juga adalah peraturan Bawaslu,”ungkap Syors belum lama ini.

    Baca juga:  Fix! Daftar Lengkap 30 Caleg Lolos DPRD Manokwari, PSI Kunci 1 Kursi

    Diungkapkannya, Bawaslu sudah mengeluarkan pengawasan partisipatif pilkada 2020 melalui 9 larangan stop gerakan tambahan ASN pada pilkada Manokwari. Dasar dari larangan tersebut adalah UU no 5 tahun 2014, UU no 10 tahun 2016, PP no 53 tahun 2010, PP no 42 tahun 2004, PP Surat Menpan RB tahun 2017.

    Baca juga:  Sekjen Gerindra: Kita Besar karena Orang-Orang Kecil yang Bekerja untuk Partai

    Pengawasan juga dilakukan pada kendaraan atau fasilitas negara lainnya. Jika ada fasilitas negara digunakan maka akan ditindak sesuai ketentuan.(LPB3)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    PKS Resmi Mengusung Hero di Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SK DPP PKS tentang Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati...

    Permudah Akses Informasi Pilkada, KPU Manokwari Buka Helpdesk

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sesuai jadwal dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, pendaftaran...

    Usai Terima Rekomendasi Parpol, Relawan Siap Sambut Anisto-Joko Lingara

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy-Joko...