28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Hari Menanam Pohon, SKK Migas Beri Bibit Agroforestri di 5 Daerah Operasional

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – SKK Migas Perwakilan Papua-Maluku bersama KKKS melakukan penanaman tunas-tunas tanaman agroforestri pada Hari Menanam Pohon Indonesia, yang dilaksanakan Minggu (28/11/2021). Keterlibatan SKK Migas dalam gerakan ini adalah wujud tanggung jawab sosial.

    “Gerakan ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial dari kehadiran industri hulu migas untuk tetap menjaga kelestarian alam sesuai amanat yang telah ditetapkan berdasarkan ketentuan perundangan yang ada,” ujar Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Pamalu, Galih Agusetiawan.

    Kegiatan ini dipusatkan di Distrik Mayamuk, Kapupaten Sorong. Turut dalam gerakan ini Dinas Pariwisata Kabupaten sorong, yang juga merupakan ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Moi Silas Kalami, Kepala Desa Arar Kampung Nurdin Rumaur, Danramil Salawati dan Babinsa Kodim 1802 Sorong, dan Perwakilan Jurnalis Sorong Raya Yacob Nauli.

    Baca juga:  Ganti Untung Rumah Terdampak Pengembangan Bandara Rendani Rp4 Miliar, Tuntas Pekan Depan

    Juga disaksikan oleh Pemuda-Pemudi Penyuluh Komunikasi Hulu Migas yang merupakan MPU unit usaha Pariwisata Dewi Bakul. Serta mahasiswa pertukaran pelajar Unimuda dari seluruh Indonesia, yang tengah melakukan kunjungan di Desa Arar.

    Gerakan Tanam Pohon di Sorong dilakukan berkelanjutan. Sebelumnya pada tahun 2020 dilakukan penyemaian hingga 15.000 bibit tanaman agroforesti (wanatani). Ini juga turut melibatkan SKK Migas.

    Baca juga:  Sosialisasi di SMA Negeri Oransbari, Panwaslu Dorong Siswa jadi Pemilih Cerdas

    Di mana SKK Migas –KKKS melakukan kegiatan penanaman bibit yang sudah tumbuh di Kampung Arar, Seget, Salawati dan Klamono Papua Barat, serta di Desa Bomaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

    Galih menyebutkan, pihaknya bermitra dengan Yayasan Kasuari untuk penanaman 330 pohon jambu kristal. Turut pula Masyarakat Pengerak Usaha (MPU) yang dibina dalam unit usaha kreatif ekowisata – Dewi Bakul Kampung Arar.

    “Sebanyak 30 bibit digunakan sebagai bagian dari usaha mempercantik taman Desa Kampung Arar untuk mendukung tujuan destinasi pariwisata Dewi Bakul yang tengah dirintis,” katanya.

    Baca juga:  Tim JKW PWI Tiba di Banjarmasin, Target Finis 9 Februari di Kendari

    Menurut Galih, kelak dalam keberlanjutannya, seluruh bibit tunas tanaman agroforesti, sebanyak 15.000 bibit yang terdiri dari jambu Kristal, Matoa, Mangga & Merbau, dapat dipinjamkan pengelolaannya kepada para MPU yang mempunyai tujuan pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat. Ia mengatakan, ada 150 bibit telah tertanam di Distrik Seget yang dikelola oleh unit MPU SMPN 5 Sorong.

    Sementara di Distrik Salawati telah tertanam 350 bibit tunas tanaman agroforestri. Di sana melibatkan MPU Kampung Meyaup dan Kampung Batbiro.

    “Kita rencanakan nanti penanaman 350 tunas di Distrik Klamono,” jelasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis...

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, akan dipusatkan di alun-alun Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni....

    More like this

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis Ibu Kota

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni,...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...