25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Hari Bakti Rimbawan, Ali Baham: Saatnya Jaga Hutan untuk Kehidupan  

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan Hari Bakti Rimbawan bukan sekadar seremoni tahunan, tapi sebuah momentum bagi seluruh elemen bangsa. Hari Bakti Rimbawan adalah wujud vitalnya peran hutan dalam keberlangsungan hidup manusia.

    Hal ini disampaikan Ali Baham saat memimpin upacara Hari Bakti Rimbawan ke-41 di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (18/3/2024).

    Ali Baham mengajak seluruh insan Rimbawan menyepakati definisi Rimbawan bukan hanya orang-orang yang bekerja di sektor kehutanan semata. Melainkan semua yang menggantungkan hidupnya pada rimba.

    Baca juga:  Serahkan DPA, Bupati Bintuni Ingatkan OPD Hati-hati Kelola Anggaran

    “Mari kita sepakati bahwa definisi rimbawan adalah orang-orang yang berada di rimba, yang menjaga hutan, bukan hanya yang bekerja di sektor kehutanan, dalam arti luas semua orang yang menggantungkan hidupnya kepada hutan. Karena itu mari jaga hutan sebagai bagian dari hidup kita,” katanya.

    Menurutnya, manusia dan alam tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, Ali Baham menuturkan dalam rangka menyusun rancangan pembangunan jangka panjang 20 tahun Papua Barat 2025-2045.

    Baca juga:  HSN 2023, KPU Papua Barat dan Manokwari Ajak Santri Nobar Film "Kejarlah Janji"

    “Hari ini kita sedang menyusun atau menyelesaikan RPJP 20 tahun itu,” ujarnya.

    Lebih lanjut ia menjelaskan rencana pembangunan jangka panjang sangat tergantung pada ruang di mana manusia tinggal. Dan ruang itu adalah Provinsi Papua Barat yang di dalamnya ada tujuh kabupaten.

    “Regulasi Papua Barat telah mengatur tentang tutupan hutan Papua Barat kurang lebih 70 persen. Itu artinya Papua Barat penyumbang karbon, dan pangan untuk Papua Barat, Indonesia, dan Dunia. Sementara itu, karena kita daerah konservasi, jadi laut itu harus dijaga 50 persen,” jelasnya.

    Baca juga:  Siap Berebut Kursi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan: Silakan Saja, Siapa Saja

    Sehingga Ali Baham berharap sehubungan dengan hal itu maka evaluasi, monitoring, pengawasan terhadap hutan dan laut untuk Papua Barat harus benar-benar dengan mekanisme yang intensif.(LP12/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...