28 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28 C
Manokwari
More

    Gubernur Dominggus Ajak Masyarakat Dukung Otsus Jilid II

    Published on

    Manokwari-Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengajak masyarakat mendukung kebijakan otonomi khusus (Otsus) jilid II bagi Papua dan Papua Barat.

    Dominggus menyatakan, kebijakan dan program otonomi khusus yang diluncurkan pemerintah pusat bagi tanah Papua sejak tahun 2001 hingga saat ini sudah cukup berhasil, baik pada sektor pendidikan, kesehatan maupun pembangunan infrastruktur.

    “Kebijakan otsus sudah cukup berhasil dalam membangun Papua. Kita pun masih membutuhkan dukungan pusat melalui otsus,” ucap Gubernur pada Selasa (18/8)

    Menurut gubernur, pada bidang pendidikan, cukup banyak putra-putri Papua yang sekolah dan kuliah dibiayai melalui dana Otsus, baik di dalam maupun luar negeri. Pada bidang kesehatan, dana otsus bermanfaat bagi peningkatan layanan baik di dalam kota maupun wilayah pedalaman dan terpencil.

    Baca juga:  Sejumlah Program Jadi Perhatian di Musrenbang Distrik Prafi dan Warmare  

    Melalui dana otsus juga, lanjut gubernur, pemerintah daerah membangun infrastruktur jalan, jembatan serta sarana dan prasarana lain, termasuk program pemberdayaan bagi masyarakat asli Papua.

    Meskipun demikian, ada yang perlu dievaluasi agar program dan pemanfaatan dana tersebut di daerah ini lebih optimal.

    Baca juga:  Waterpauw Jadi Ketua Golkar Papua Barat, Komitmen Menangkan Pileg, Pilkada, dan Pilpres

    “Kelemahan kita kurang mengekspos ke seluruh media tentang program atau kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui dana Otsus. Sehingga tidak banyak masyarakat yang tahu tentang pemanfaatan dana Otsus ini,” ujar gubernur lagi.

    Dominggus mengajak masyarakat untuk mendukung program otsus jilid dua yang akan dilanjutkan pada tahun 2022 mendatang. Papua Barat masih membutuhkan kebijakan Otsus untuk percepatan pembangunan diberbagai sektor.

    “Saat ini masih banyak anak-anak dan adik-adik kita yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di luar negeri maupun beberapa daerah di Indonesia. Mereka dibiayai melalui dana Otsus, mari kita dukung mereka,” ucapnya.

    Baca juga:  Diduga Banyak Siswa 'Titipan', Orang Tua Protes PPDB di SMAN 1 Manokwari

    Program Otsus bagi Papua akan berakhir pada tahun 2021. Pemerintah daerah saat ini tengah mendorong regulasi tentang keberlanjutan program Otsus di tahun 2022 dan seterusnya.

    Gubernur Papua Barat menginginkan, pemerintah pusat memberikan kewenangan yang lebih besar bagi daerah pada pengelolaan sumber daya manusia (SDM) serta sumber daya alam (SDA). (LPB1/red)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    Sosialisasikan Amdal-net, DLH Papua Barat: Ini Langkah Penyelamatan Lingkungan 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat melakukan sosialisasi dan...

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...

    Disdik Papua Barat Gelar Rakornis Pendidikan, Fokus Peningkatan Kualitas Layanan

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua Barat mengadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis)...