28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Dukung Usulan DOB, Tim Percepatan Pemekaran Manokwari Barat Apresiasi Waterpauw

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Tim percepatan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Manokwari Barat mengapresiasi langkah Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, yang mendukung penuh kebijakan pemekaran DOB.

    Sekretaris tim percepatan pemekaran DOB Manokwari Barat, Mackarius Teniwut, dalam siaran pers yang diterima Linkpapua.com, Rabu (15/6/2022), menyampaikan ucapann terima kasih kepada Waterpauw yang menerima dan mendorong terbentuknya DOB prioritas di Papua Barat.

    Baca juga:  Buka Raker, Pj Gubernur Papua Barat Tekankan Enam Program Prioritas

    Manokwari Barat memang tergabung dalam total sembilan provinsi dan kabupaten/kota yang diusulkan menjadi DOB. Delapan lainnya adalah Provinsi Papua Barat Daya dan Provinsi Bomberai, serta Kota Manokwari, Kabupaten Maybrat Sau, Kabupaten Kokas, Kota Madya Fakfak, Kabupaten Kuri Wamesa, dan Kabupaten Kaimana Timur.

    Meskipun memberi dukungan penuh, Mackarius juga membeberkan beberapa hal yang mesti menjadi perhatian atas usulan DOB ini. Salah satunya terkait tapal batas akan tidak menjadi persoalan.

    Baca juga:  Pimpin Gelar Pasukan, Kapolres Mansel: Operasi Patuh Mansinam Tanggung Jawab Semua Elemen

    “Tapal batas Provinsi Papua Barat dan calon DOB Provinsi Papua Barat Daya harus diatur agar tidak melahirkan konflik baru antara provinsi serta konflik wilayah adat antara wilayah adat Arfak Manokwari Raya dan Sorong Raya,” kata Mackarius.

    Baca juga:  Pembunuhan Perempuan di Arfai, AT dan SI Peragakan 26 Adegan di 7 Lokasi

    Selain itu, pihaknya juga meminta agar apabila ada persyaratan persetujuan atau rekomendasi yang menjadi kendala, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah dapat mendorong daerah-daerah konflik diprioritaskan ditetapkan menjadi DOB.

    “DOB Manokwari Barat harus mendapat perhatian bersama dari seluruh komponen pemerhati Provinsi Papua Barat dan seluruh masyarakat adat Arfak,” tuturnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Bappeda Papua Barat Gelar FPD: Kemiskinan Ekstrem – Stunting Turun  

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat menggelar rapat Forum Perangkat Daerah...

    LDII Ajak Lawan Krisis Plastik dan Budaya Hidup Bersih Dalam Peringatan Hari Bumi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam momentum peringatan Hari yang digelar Setiap 22 April dimana Pada 2024, Hari...

    Pj Gubernur Ali Baham Puji Wamena: Anak Mudanya sampai ke Rusia-Jepang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri rapat kerja gubernur se-Tanah...