25.9 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Dinkes Mansel Gelar Workshop untuk Peningkatan Standar Akreditasi Puskesmas

    Published on

    MANSEL, LinkPapua.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) menggelar workshop terkait pemahaman standar akreditasi puskesmas dan pelatihan INM, IKP, PPI, serta Aspak di tingkat FKTP.

    Kegiatan berlangsung di Ruko GlenMygel, Kampung Kobrei, Distrik Ransiki, Senin, (31/7/2023). Workshop diikuti lima perwakilan dari tiap puskesmas se-Mansel.

    Sekretaris Dinkes Mansel, Yohanes Karabui, menjelaskan tujuan dari pelatihan ini untuk mempersiapkan akreditasi dan reakreditasi puskesmas di Mansel. “Tiap puskesmas kami undang lima orang peserta untuk mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.

    Baca juga:  LHKPN 13 OPD Belum Kelar, Pemkab Mansel Tunda Pembayaran TPP

    Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan materi terkait penginputan data indeks nasional mutu (INM), indikator kecelakaan pasien (IKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), serta penggunaan Aplikasi Sarana dan Prasarana Kesehatan (Aspak) pada tingkat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

    Baca juga:  Tren Pelanggaran Disiplin Prajurit Naik, Pangdam Kasuari Minta PM Bertindak Tegas

    “Setiap puskesmas harus menginput data INM, IKP, dan PPI setiap bulan selama tiga bulan sebelum akreditasi dilakukan. Jika mereka tidak mengisi data tersebut, maka mereka tidak dapat mengikuti akreditasi,” jelas Karabui.

    Selama pelatihan ini, akan ada reakreditasi untuk puskesmas, seperti Oransbari, Ransiki, Momiwaren, dan Dataran Isim. Sementara, Tahota dan Nenei akan akreditasi pertama.

    Baca juga:  Plt Sekda Mansel Geram ASN Malas Apel: Tunggu Saya Kembalikan ke Habitatnya

    “Harapan kami, semua puskesmas tahun ini dapat mengikuti akreditasi, setidaknya bisa mendapatkan predikat akreditasi madya atau minimal memenuhi standar akreditasi yang dibutuhkan,” tambahnya.

    Karubui berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik selama tiga hari ke depan atau sampai Rabu (2/8/2023) agar pengetahuan yang didapat bisa diimplementasikan dalam tahapan akreditasi nantinya. (LP11/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...

    Kembali Menang di Papua Barat, Golkar Bangga Dengan Kepemimpinan PW  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sebagai pemenang Pileg 2024 di Papua Barat, DPD Partai Golongan Karya (Golkar)...