28 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28 C
Manokwari
More

    Dana Otsus Dipangkas, DPRD Manokwari Sarankan Pinjam Uang untuk Tunjang Program

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari merespons soal pemangkasan dana otonomi khusus (Otsus) bagi Kabupaten Manokwari untuk 2021 ini.

    Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari, Norman Tambunan, mengatakan pemerintah tidak ada alasan apa pun untuk menolak atau memangkas kegiatan dan program yang sudah dianggarkan melalui dana Otsus.

    “Semua kegiatan dan program yang sudah direncanakan melalui pembiayaan dana Otsus wajib direalisasikan. Jika ada pemotongan dana Otsus dari provinsi, solusi akhir bagi pemerintah daerah adalah mengajukan pinjaman,” ujar Norman melalui sambungan telepon seluler, Rabu (25/8/2021).

    Baca juga:  Irjen Pol Tornagogo Puji Gerakan Polisi Peduli Mangrove di Bintuni: Jangan Kendor

    Politisi Golkar itu berujar, pihaknya sudah sepakat tidak ada pemotongan dana Otsus. “Silakan dikurangi dari DAU dan DAK atau dana lain, kegiatan dan program yang sumber anggarannya melalui dana Otsus mesti dilaksanakan. Ini sudah kesepakatan kami di DPRD dan telah disampaikan pada saat rapat bersama TAPD,” beber Norman.

    Menurut Norman, dewan berkomitmen memperjuangkan kegiatan dan program yang dianggarkan melalui dana Otsus mesti direalisasikan. Mengingat sasaran pelaksanaan agenda itu menyasar kebutuhan masyarakat (asli) Papua.

    Baca juga:  Cleaning Service RSUD Manokwari Temui DPRD, Keluhkan Ketidaksesuaian Gaji dan Tak Ada BPJS

    “Kegiatan dan program yang dibiayai dana Otsus cukup banyak. Ada untuk pembayaran gaji guru honor dan pembangunan rumah serta sejumlah kegiatan lain. Usulan-usulan kebutuhan masyarakat itu sudah kami usulkan melalui aspirasi DPRD. Aspirasi DPRD itu rata-rata dianggarkan melalui dana Otsus,” tutur dia.

    Korelasi antara pemangkasan dana Otsus dengan aspirasi dewan, tambah Norman, jelas ada. Sebab, aspirasi masyarakat yang dijaring anggota dewan, kemudian dibawa dalam forum pembahasan sesuai mekanisme kedewanan dan ditetapkan menjadi aspirasi dewan.

    Baca juga:  Kadis Ketahanan Pangan PB Beberkan Imbas Peralihan Anggaran: 4 Rumah Inovasi Gagal

    “Aspirasi yang saya ajukan itu nilai tidak terlalu besar. Tidak tahu dengan anggota yang lain. Apa pun alasannya, kegiatan dan program yang dibiayai dana Otsus tidak boleh dipangkas. Silakan pangkas yang lain, solusi akhir adalah mengajukan pinjaman,” tutup dia.

    Diketahui, penerimaan dana Otsus di dalam APBD tahun anggaran 2021 direncanakan sebesar Rp132 miliar. Namun, Gubernur Papua Barat melalui kebijakannya memangkas dana Otsus Kabupaten Manokwari Rp42,9 miliar. (LP3/Red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat...

    0
    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mancadan untuk maju bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua...

    More like this

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...

    Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Forum Intelektual Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri (Risaturi) Bersatu menyelenggarakan Rapat...