28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Cegah Praktik Kecurangan, Polisi Sidak SPBU-Pertashop di Teluk Bintuni

    Published on

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Teluk Bintuni melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Pertashop di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. Sidak digelar untuk mencegah berbagai praktik kecurangan penyaluran BBM.

    Sidak dipimpin oleh Kanit IV Tipidter Satuan Reskrim Polres Teluk Bintuni, Ipda Christian Wahyu Pratama. Turut Kanit Resmob Sat Reskrim Polres Teluk Bintuni Bripka Rolando Manggaprouw serta anggota Satreskrim.

    “Sidak yang kita lakukan merupakan respons terhadap instruksi Kapolri untuk menekan angka pelanggaran yang sering terjadi di SPBU dan Pertashop menjelang mudik Lebaran 1445 H,” ujar Ipda Christian Wahyu Pratama.

    Baca juga:  Letakkan Batu Pertama Masjid - Gereja, Plt Sekda Bintuni Beri Pesan Pluralisme

    Christian menjelaskan, tujuan utama kegiatan ini adalah memastikan tidak ada praktik kecurangan. Selain itu untuk memastikan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan BBM dapat terpenuhi dengan baik.

    Selain melakukan pemeriksaan terhadap perangkat dan fasilitas di SPBU, Satreskrim Polres Teluk Bintuni juga memberikan imbauan kepada pengusaha BBM agar menaati peraturan yang berlaku dan tidak melakukan kecurangan yang merugikan masyarakat.

    ”Tindakan tegas sesuai dengan hukum akan diberlakukan jika ditemukan adanya kecurangan,” sebut Ipda Christian.

    Baca juga:  Gelar 'Cinta dan Bangga Rupiah', BI Papua Barat Edukasi Pelajar

    Selain sidak, Satreskrim Polres Teluk Bintuni juga akan meningkatkan patroli dialogis ke SPBU untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang mudik Lebaran.

    Beberapa SPBU dan Pertashop yang diperiksa antara lainbSPBU Tisai (CV. Sinar Bintuni), Pertashop Kamp. Nusantara (CV. Sinar Bintuni), Pertashop KM 02, Pertashop Km 06, dan Pertashop Kmp Lama.

    Disampaikan, Hasil dari pemeriksaan menunjukkan bahwa mesin pompa BBM dan nozzle pompa BBM berada dalam kondisi normal tanpa adanya perangkat tambahan. Kata Christian, ini menunjukkan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku.

    Christian juga mengimbau masyarakat proaktif melaporkan jika menemukan kecurangan di SPBU atau Pertashop kepada Kasatreskrim Polres Teluk Bintuni melalui Whatsapp di nomor 081216701029 atau kanit Tipidter di nomor 085383793675.

    Baca juga:  Patrix Barumbun Terpilih Aklamasi sebagai Ketua Pemuda Toraja Indonesia Papua Barat

    Di sisi lain, pihak SPBU CV Sinar Bintuni, Haji Rusdi, menyambut baik upaya dari pihak Polres Teluk Bintuni.

    “Itu baik karena mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, jadi tadi dilakukan tera, Baru-baru ini juga kita diperiksa dari BMG,” ungkap Rusdi.

    Saat ditanya tentang stok BBM dari berbagai jenis yang ada di SPBU Tisai, Haji Rusdi memastikan stok cukup sampai Lebaran.(LP5/Red)

    Latest articles

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    0
    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) di kediamannya, Sabtu (13/04/2024). Gabriel mengaku pertemuan keduanya hanya...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...

    Populasi Non-OAP Makin Besar di PBD, Gempha Minta Pemprov Lakukan Penertiban

    SORONG, Linkpapua.com- Sekjen DPD Gempha Papua, Yeheskel Kalasuat menyoroti kian besarnya populasi para pendatang...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...