26.4 C
Manokwari
Minggu, Juli 14, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    BPS Papua Barat Kerahkan 1.491 Petugas Sensus 2020

    Published on

    Manokwari-Petugas sensus penduduk di Provinsi Papua Barat, Selasa (1/9) mulai disebar untuk melakukan pencacahan di rumah-rumah warga.

    Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menandai dimulainya sensus penduduk di provinsi tersebut pada acara kick off sensus penduduk yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) di Manokwari, Selasa(1/9)

    “Sensus Penduduk akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dari tanggal 1 hingga 30 September 2020. Saya mengimbau masyarakat penerima petugas secara baik, berikan data secara lengkap dan jujur,” ucap gubernur.

    Dominggus juga menginstruksikan seluruh jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta semua pihak memberikan dukungan secara penuh kegiatan ini.

    Baca juga:  Sejumlah tokoh agama bersedia divaksin

    “Kita membutuhkan data yang tepat dan akurat, termasuk data penduduk kita hari ini. Selama ini data penduduk kita masing-masing berbeda, kita butuh data resmi BPS. Itu yang akan kita pakai,” ucap Dominggus lagi.

    Kepala BPS Papua Barat Maritje Pattiwaellapia pada kesempatan itu menyebutkan bahwa, sensus penduduk tahap pertama sudah dilakukan pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Bahkan saat itu diperpanjang hingga 29 Mei 2020 karena Pandemi Covid-19.

    Baca juga:  2023, FGM GKI Maraton Lantik Pimpinan Cabang Se-Papua Barat dan Papua Barat Daya

    Sensus yang dilakukan dengan metode daring atau online itu tercatat sebanyak 60.223 atau 6,13 persen penduduk Papua Barat tersensus.

    “Realisasi nasional pada sensus penduduk secara online mencapai 19,05 persen. Di Papua Barat kita bisa mencapai 6,13 persen,” kata Maritje.

    Penduduk Papua Barat yang belum melakukan sensus secara online, katanya, akan dicatat melalui pencacahan akan dilaksanakan selama bulan ini. BPS Papua Barat menyiapkan sebanyak 1.491 petugas sensus yang akan mendatangi rumah-rumah warga.

    Baca juga:  Raih WTP, 3 Kabupaten di Papua Barat Dapat 'Teguran' BPK

    Dia menjelaskan, tujuan utama Sensus Penduduk 2020 untuk menyediakan data berupa jumlah,komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure. Data ini merupakan data dasar
    yang sangat penting untuk membuat kebijakan diberbagai bidang seperti pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan dan sebagainya.

    “Untuk itu kami mohon dukungan pemerintah daerah serta semua pihak, termasuk masyarakat. Tolong terima petugas kami secara baik selama menjalankan tugas,” pungkasnya. (LPB1/red)

    Latest articles

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng Awards 2024. Dia juga mengaku bangga dengan para peraih penghargaan...

    More like this

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...

    Petani Papua Barat Keluhkan Pupuk Belum Tersalur, Terhambat Administrasi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus...

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...