25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Bawaslu Sorsel Putuskan PSU Hanya untuk DPD RI, DAP Lontarkan Kecaman

    Published on

    SORONG, linkpapua.com– Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay Daerah Sorong Selatan mengecam keputusan Bawaslu yang hanya merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI. DAP menilai, PSU seharusnya juga dilakukan untuk DPRD dan DPR provinsi.

    “DPRP dan DPRD juga mengalami hal yang serupa. Oleh sebab itu PSU juga harus dilakukan untuk DPRP dan DPRD,” ujar Ronal Konjol, salah satu Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Daerah Sorong Selatan, Sabtu (17/2/2024).

    Baca juga:  Sortir Surat Suara di Teluk Bintuni Kelar Hari ini, Libatkan 60 Relawan

    Ronal mengatakan, keputusan Bawaslu berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat. Terutama karena keputusan itu dianggap sepihak dan merugikan suara masyarakat OAP.

    “Sekali lagi saya ingatkan untuk Bawaslu agar melakukan tugas dan fungsinya dengan baik agar tidak ada konflik yang terjadi kepada masyarakat Sorsel. Oleh sebabnya kami mempertanyakan beberapa TPS yang mengalami kecurangan yang dilakukan oleh beberapa caleg dari partai tertentu dan sesuai informasi yang masyarakat lapor ada 12 TPS di Dapil 1 Sorong Selatan khusus nya DPRD, DPRP dan DPD RI,” terangnya.

    Baca juga:  Pemprov PB Resmi Serahkan Aset P3D ke Pemprov Papua Barat Daya

    Ronal juga menyampaikan Bawaslu harus melakukan kroscek secara riil agar melihat betul kondisi di lapangan. Sebab menurut Ronal, Bawaslu tidak memahami persoalan tetapi langsung memutuskan tanpa investigasi.

    “KPU Sorsel sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawasan agar mengendapkan asas keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab jika tidak, ini bisa jadi benih-benih konflik,” imbuh Ronal.

    Baca juga:  Usulan Calon Kepala Sekretariat dan PUMK Panwaslu, Bawaslu Bintuni Surati Kepala Distrik

    DAP mengingatkan, jika tuntutan mereka tak diindahkan Bawaslu, mereka akan menurunkan massa untuk melakukan aksi demonstrasi. DAP akan mendesak Bawaslu untuk melakukan PSU di semua tingkatan pemilihan, baik DPRD maupun DPRP,

    “Kami mengantongi beberapa bukti,” tandas Ronal Konjol. (LP10/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...